5 Dampak Kesalahan Berkomunikasi Dalam Bisnis yang Bisa Berakibat Buruk

5 Dampak Kesalahan Berkomunikasi Dalam Bisnis yang Bisa Berakibat Buruk
Inspirasi Bisnis


BeritaUKM,Riau-Berkomunikasi adalah sebuah proses bertukar informasi yang melibatkan dua atau beberapa orang, kelompok, dan masyarakat, yang menciptakan dan menggunakan informasi tersebut agar terhubung dengan orang dan lingkungan lain. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka kita memberikan informasi yang kita miliki kepada orang lain dengan baik.

1. Kesalahpahaman Akan Terjadi

Informasi yang disalahmengerti oleh orang yang berkomunikasi akan menimbulkan kesalahpahaman. Kesalahpahaman ini bukan tanpa akibat, tentu saja akan memberikan dampak buruk bagi kegiatan bisnis seseorang.Setiap individu pasti memilih persepsi dan cara pandang yang berbeda tentang sesuatu, dan seringkali ucapan seseorang disalahartikan oleh lawan bicaranya. Hal ini sering terjadi dan sebagian orang menganggapnya sesuatu yang wajar.

2. Membuat Kinerja Tidak Maksimal

Pada dasarnya kinerja yang tidak maksimal dalam sebuah bisnis bisa terjadi karena beberapa faktor, dan salah satunya adalah karena kesalahpahaman atas informasi yang diterima.Informasi yang salah tentu akan menghasilkan kinerja yang tidak sesuai harapan. Ini sering terjadi pada bisnis yang proses kerjanya serba cepat dan banyak gangguan di sekitarnya.

3. Proses Bisnis Tidak Sesuai Harapan

Dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis berikutnya adalah proses bisnis yang bisa berantakan. Ketika proses bisnis tidak sesuai harapan maka hal buruk bisa terjadi, misalnya produksi tidak maksimal, penjualan merosot tajam, dan lain sebagainya.Itulah alasannya mengapa meeting perlu dilakukan sebelum melakukan langkah-langkah penting dalam menjalankan usaha. Dengan komunikasi yangbaik, maka para pekerja akan mendapatkan solusi dari berbagai pembahasan masalah dalam pertemuan meeting tersebut.

4. Menurunnya Kemampuan Pelayanan dan Pemasaran

Dalam dunia bisnis, pasti akan berhubungan dengan pemasaran dan pelayanan. Dan ketika kita bicara tentang proses pemasaran dan pelayanan, pasti dibutuhkan kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Saat melakukan pemasaran bisnis, menyampaikan informasi secara tepat dan bisa mempengaruhi orang lain akan memberikan dampak yang besar bagi penjualan dalam jangka panjang. Kesalahan dalam memberikan informasi dalam pemasaran akan membuat proses pemasaran tersebut gagal, akhirnya penjualan pun merosot.

 

5. Hilangnya Rasa Percaya Dari Orang Lain

Berikutnya, dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis adalah hilangnya rasa percaya dari orang lain. Kesalahan berkomunikasi yang berulang yang Anda lakukan pasti akan membuat orang lain meragukan integritas Anda, dan pada akhirnya akan membuat mereka tidak percaya lagi pada bisnis Anda.


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA