5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha

5 Alasan Kenapa Bisnis Anda Membutuhkan Pinjaman Modal Usaha
Inspirasi Bisnis


BeritaUKM,Riau Berbisnis di era sekarang ini sepertinya sudah menjadi gaya hidup.Siapapun bisa saja memulai bisnis, terutama karena potensi internet yang bisa menjadi pasar maha dahsyat dan mencakup lebih banyak pelanggan potensial.Namun, tak lazim bila kita sesumbar berkata bahwa mengembangkan bisnis tidak membutuhkan modal.Tergantung visi sang pengusaha, setiap pelaku bisnis pasti ingin agar bisnisnya semakin berkembang dan terus konsisten dengan dorongan penjualan. Oleh karena itu, modal usaha pasti akan dibutuhkan. Mungkin Anda pernah mendengar pepatah, “Anda harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang.”Bila dipandang dari segi bisnis, hal itu mutlak benar. Sebab, sekecil apapun uang yang Anda keluarkan, itu sudah bisa dikatakan sebagai modal. Semakin besar bisnis Anda, semakin deras modal yang dibutuhkan untuk terus mengembangkannya.Meski Anda sejauh ini sudah berhasil memiliki bisnis yang tengah berjalan dengan modal sendiri, ada saat di mana Anda membutuhkan modal tambahan untuk konsisten mengembangkannya, terutama dengan adanya pinjaman modal usaha. Mari kita bahas lebih dalam.

1. Ekspansi Bisnis

Bila Anda memiliki target untuk mengekspansi bisnis, maka modal usaha harus disiapkan untuk diinvestasikan pada segala keperluan ekspansi bisnis Anda.Apabila penjualan meningkat drastis, konsisten mengembangkan dan mengekspansi bisnis dapat membantu memastikan agar keuntungan yang Anda dapatkan tidak mengerut.Ekspansi bisnis akan membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk berbagai keperluan dalam prosesnya, sebut saja pemasaran, kantor atau gudang inventaris baru, renovasi, rekrut karyawan baru, dan sebagainya.Uang kas yang kini Anda miliki sekarang mungkin belum cukup untuk melakukannya, karena Anda tentu harus membedakan mana uang untuk keperluan operasional dan keperluan ekspansi. Di tahap ini, Anda sudah seharusnya mendapatkan pinjaman modal usaha.

 

2. Inventaris

Mungkin, investaris produk adalah salah satu hal yang paling rumit untuk dikelola saat menjalankan bisnis. Permintaan pasar yang luas dari pelanggan antusias Anda akan terus berdatangan ke toko online Anda, sehingga konsisten memaintain invetaris produk menjadi solusi utama.Anda harus mengimbangi kebutuhan dengan ketersediaan agar setiap permintaan untuk suatu produk bisa dilayani dengan ketersediaannya. Dengan begitu, penjualan dan arus kas bisnis Anda pun berjalan lancar.Sebaliknya, apabila permintaan pasar tidak bisa diimbangi dengan ketersediaan produk, pelanggan Anda perlahan akan berpindah haluan dan mencari produk yang sama di tempat lain, sehingga Anda berangsur-angsur akan kehilangan pelanggan.

 

3. Menjaga Arus Kas

Terutama bagi bisnis kecil, menjaga arus kas merupakan sebuah kendala terbesar dan masalah yang harus ditangani seturut perkembangannya.Arus kas bisa bertahan sebagai sebuah masalah terutama ketika produk di inventaris Anda belum laku terjual sepenuhnya, sementara Anda harus mengikuti tren terkini menyoal produk terbaru, membayar gaji karyawan, tagihan listrik dan internet, dan biaya-biaya lain.Apabila produk belum laku terjual sepenuhnya sementara ada biaya yang harus ditutupi, maka sudah saatnya Anda mengajukan pinjaman bisnis untuk memperlancar arus kas.Pinjaman jangka pendek seperti yang ditawarkan KoinWorks lewat KoinBisnis mampu menjadi solusi yang tepat, apalagi proses pinjamannya pun mudah dan cepat.Juga, ada kalanya Anda membutuhkan dana untuk kampanye pemasaran, bayar sewa gudang, hingga re-stock barang sementara pemasukan baru bisa didapat sebulan lagi. Pinjaman modal usaha akan sangat berguna untuk menyegarkan arus kas bisnis Anda.

4. Merawat dan Memperluas Peralatan/Perlengkapan

Setiap bisnis membutuhkan peralatan untuk dapat berjalan dengan lebih optimal, dan bisnis Anda pun demikian. Misalnya, Anda membutuhkan mesin jahit baru atau mesin coklat baru karena meningkatnya permintaan pasar.

Atau mungkin inventaris barang semakin banyak sehingga perlu menyewa gudang baru. Di satu sisi, biaya perbaikan peralatan juga harus masuk ke dalam pertimbangan.Untuk menjaganya, pinjaman modal usaha bisa menjadi alternatif yang paling tepat untuk membeli peralatan maupun perlengkapan demi mendongkrak aktivitas bisnis Anda.

5. Persiapan

Pinjaman modal usaha bisa menjadi ‘pegangan’ untuk menyiapkan bisnis Anda terhadap perubahan tren, sebagai dana darurat bila sesuatu yang buruk terjadi, keperluan untuk mencoba model bisnis baru, dan lain sebagainya.Alur bisnis, masalahnya, terkadang tidak bisa diprediksi, sehingga ketersediaan dana akan sangat membantu dengan hadirnya pinjaman modal bisnis sebagai pegangan


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA