4 CARA TERBAIK MELAKUKAN RISET PASAR BISNIS ANDA

4 CARA TERBAIK MELAKUKAN RISET PASAR BISNIS ANDA
Inspirasi Bisnis

BeritaUKM,Riau-Bisnis Anda bisa cepat tutup kalau Anda berdiam diri. Apalagi kalau Anda merasa tahu perkembangan keinginan pasar. Apapun itu tetap saja riset pasar perlu dilakukan. Saya akan bagikan cara untuk Anda melakukan riset pasar.

Lakukan survey pasar

Tahu kondisi pasar itu penting! Caranya mudah bisa dengan survey melalui angket, kuisioner atau wawancara langsung. Dari kegiatan survei itu Anda bisa tahu minat dan kebutuhan pelanggan atau konsumen saat ini. Tentunya semakin berkembang zaman kebutuhan juga akan ikut berubah.

Amati perkembangan pasar

Riset juga bisa Anda lakukan dengan proses mengamati kondisi pasar. Perkembangan pasar setiap waktunya pasti akan berubah bersama trend yang muncul. Hasil riset pasar ini bisa Anda gunakan untuk bahan pertimbangan sebelum mengeluarkan produk.

Perhatikan tingkat persaingan pasar

Pesaing dalam bisnis pastinya ada. Anda disini harus tahu perkembangan dari pesaingan agar Anda bisa mengimbangi. Setelah bisa mengimbangi Anda harus memikirkan cara supaya lebih unggul dari pesaing. Anda tentunya tidak ingin produk usaha atau bisnis Anda kalah ramai di pasar.

Lakukan uji coba pasar

Anda juga harus menguji produk Anda sendiri sebelum benar- benar dikeluarkan di pasaran. Uji cobanya bisa dengan memberikan sample produk ke warung – warung terdekat. Apa respon pasar yang akan Anda dapat dengan produk buatan Anda itu? Kalau belum sempurna, berarti waktunya Anda memperbaikinya dulu.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA