3 Tahapan yang Harus Anda Jalani Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis

3 Tahapan yang Harus Anda Jalani Sebelum Melakukan Ekspansi Bisnis
Inspirasi Bisnis


BeritaUKM,Riau-Bila Anda berpikir bahwa mengekspansi bisnis itu “berat-berat nikmat”, Anda tidak sendirian.Pemilik bisnis seperti Anda tidak sedikit yang berpikir bahwa mengekspansi bisnis itu adalah sesuatu yang relatif berat. Tapi, setiap pemilik bisnis tahu betul bahwa bisnis yang ekspansif memunculkan hasil yang ‘nikmat’.Melakukan ekspansi bisnis dalam berbagai bentuk entah itu membuka toko fisik baru dari yang selama ini hanya berjualan secara online, begitu pun sebaliknya, menambah variasi produk, dan sebagainya harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

1. Buat Perencanaan yang Matang Terlebih Dahulu

Bisnis tanpa perencanaan yang baik adalah bisnis yang tidak siap untuk berkembang, begitu pun terhadap ekspansi.

Kenapa Anda berpikir untuk mengekspansi bisnis? Apa yang Anda targetkan? Bagaimana Anda melihat perkembangan bisnis Anda setidaknya dalam lima tahun ke depan? Bagaimana penjualan Anda saat ini?

Apabila Anda sudah menjawab pertanyaan di atas, paling tidak Anda akan mendapatkan hal-hal berikut:

  • Bisnis sudah siap ekspansi karena penjualan lancar dan pelanggan tetap sudah signifikan jumlahnya.
  • Dalam lima tahun ke depan bisnis sudah harus memiliki produk sendiri dengan brand sendiri dan bisa diproduksi sendiri.
  • Pasar sudah sangat luas dan permintaan sangat besar, sehingga perlu menghadirkan pasar baru untuk menampung penjualan.
  • Karyawan baru dibutuhkan agar segala bentuk kegiatan operasional bisa berkesinambungan, dan proses penjualan pun jadi lebih cepat dan efektif.

Nah, apabila Anda sudah membandingkan kondisi lampau dengan saat ini, sekarang cobalah menyusun rencana untuk melakukan ekspansi, misalnya:

  1. Inventaris produk perlu ditingkatkan agar mampu melayani permintaan pasar yang besar jumlahnya.
  2. Variasi produk diperlukan agar pelanggan memiliki banyak pilihan produk untuk dibeli.
  3. Gudang baru dibutuhkan untuk menampung produk.
  4. Toko fisik/offline atau toko online dibutuhkan guna memperluas pasar.
  5. Karyawan dibutuhkan untuk meningkatkan efektivitias dan efisiensi penjualan produk serta mendukung berbagai macam kegiatan operasional lainnya.
  6. Target wilayah penjualan harus diperluas, misalnya dari yang selama ini hanya fokus di Jabodetabek, nantinya akan mencakup seluruh Pulau Jawa, atau Jawa dan Sumatera, seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.
  7. Dan lain sebagainya.

Setelah Anda menyusun perencanaan tersebut, sekarang tentu saja Anda harus menyusun strategi yang tepat untuk melakukan ekspansi bisnis, paling tidak mewujudkan ekspansi bisnis seperti yang tertulis pada poin-poin di atas.

2. Tentukan Bagaimana Model Bisnis Nantinya

Saat melakukan ekspansi, model bisnis tidak akan pernah sama lagi seperti sebelumnya. Dalam tahapan panjangnya, akan dibutuhkan standard operating procedures (SOP) baru, dan apabila Anda memiliki karyawan baru, aktivitas bisnis juga akan berubah secara perlahan.

Selain itu, metode penjualan Anda juga akan berubah secara perlahan. Pentingnya menentukan model bisnis akan membantu Anda dalam menentukan standar atau metode yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan operasional bisnis AndaSelain itu, apabila Anda menentukan target pasar baru dan telah memiliki jenis produk baru yang lebih variatif, Anda juga tentu harus menentukan metode apa yang akan digunakan dalam mencakup target pasar, mendapatkan engagement, hingga melakukan penjualan ke pasar tersebut.

3. Berapa Modal yang Dibutuhkan dalam Prosesnya?

Selama melakukan ekspansi, modal usaha tentu akan dibutuhkan. Untuk menggaji karyawan, menyewa atau membangun gudang baru, membangun toko fisik, membeli toko online, hingga membangun pabrik produksi sendiri pastinya akan membutuhkan modal yang tidak sedikit.


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA