Kamis, 26 Agustus 2021 11:42:22
Dilihat sebanyak 492 kali

Wapres: UMKM Halal Harus Didukung untuk Penuhi Pasar Domestik dan Ekspor

Wapres: UMKM Halal Harus Didukung untuk Penuhi Pasar Domestik dan Ekspor
Advertising Berita UKM Nasional Dunia UKM Iklan UKM Liputan Media Pemasaran UKM

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, usaha mikro kecil menengah (UMKM) halal di Tanah Air harus didukung untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor. Bahkan, kata dia, kebutuhan itu pun harus dilihat dari segi kualitas dan kuantitas produknya.

UMKM industri halal perlu didukung dengan kuat untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Kebutuhan tersebut tidak hanya dilihat dari kuantitas, tetapi juga kualitas dari produknya,” ujar Ma’ruf di acara “Kick Off Sinergi Akselerasi Pengembangan UMKM Industri Halal” yang diselenggarakan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) secara daring, Rabu (25/8/2021).

Ma’ruf mengatakan, pengembangan UMKM industri halal merupakan bagian penting dari upaya mencapai visi Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia.

Sebab, kata dia, pihaknya mengharapkan agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar produk halal, tetapi bisa menjadi produsen dan mengekspor ke seluruh dunia. “Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu dilakukan peningkatan kapasitas dorongan untuk menjadikan UMKM industri halal sebagai bagian dari rantai nilai industri halal global (global halal value chain),” kata dia.

Dengan demikian, Ma’ruf pun menilai bahwa sinergi dan kolaborasi yang kuat diperlukan untuk mempercepat pengembangan UMKM industri halal. Termasuk adanya kemitraan dari para pengusaha besar yang saling menguntungkan penting untuk dilakukan.

“Adanya perhatian besar dari banyak pihak kepada UMKM merupakan modal yang harus dioptimalkan,” kata dia. Ma’ruf pun mengapresiasi sejumlah inisiatif yang telah dilaksanakan berbagai pihak untuk membantu UMKM naik kelas.

Contohnya, kata dia, jika UMKM industri halal membutuhkan dana dan pembiayaan untuk mengembangkan bisnis, tersedia dukungan dari bank syariah, LPDB, pembiayaan LKM Syariah, KUR Syariah, saham syariah, hingga pembiayaan dari fintek syariah.

Kemudian, apabila UMKM industri halal membutuhkan peningkatan penjualan, dapat bekerja sama dengan penyedia layanan pemasaran digital. “Demikian pula guna meningkatkan kualitas operasional perusahaan maka terdapat banyak provider digital yang siap membantu UMKM,” ucap dia

 

sumber:kompas.com

 

 

 

 

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA