Sang Tulang Punggung Ekonomi Nasional

Sang Tulang Punggung Ekonomi Nasional
Dunia UKM Peluang Bisnis

1. Perusahaan seperti Google dan Facebook menangkap peluang bertumbuhnya UMKM dalam negeri

Perempuan Pegiat UMKM, Sang Tulang Punggung Ekonomi Nasional

Melihat betapa besar pertumbuhan UMKM, perusahaan seperti Google dan Facebook yang mendominasi jagad maya berlomba-lomba untuk merangkul para pemilik serta pelaku usaha agar memanfaatkan layanan mereka.

Google memiliki program seperti Gapura Digital untuk melatih pemilik UMKM agar mudah beradaptasi dengan behavior konsumen masa kini yang cenderung menggunakan mesin pencarian untuk menemukan produk atau jasa. Tak jauh berbeda dengan Google, Facebook pun memberikan pelatihan kepada pemilik UMKM.

Facebook bekerja sama dengan delapan mitra yang memberikan edukasi kepada para pelaku usaha. Total ada 15 ribu UMKM yang diberikan edukasi oleh Facebook Indonesia. Edukasi tersebut diajarkan secara online maupun offline.

“Kami ajarkan bagaimana menggunakan Facebook dan Instagram dalam beriklan. Beberapa UMKM sukses menggunakan Facebook untuk melakukan bisnis,” kata Ferdy Nandes selaku Head of Emerging Business and SMB Indonesia and Filipina.

Baik Google maupun Facebook adalah aktor yang aktif mengubah aturan main dalam periklanan yang tadinya hanya tradisional kini beralih ke digital. Konsumen pun dimudahkan dengan hanya mengetik kata kunci tertentu, lalu informasi yang mereka cari bisa muncul.

Tak hanya itu, keduanya menggabungkan informasi personal pengguna internet dengan konten berdasarkan preferensi mereka sehingga pemilik usaha kian sulit berpaling dari mereka, terutama dalam memasarkan produk serta jasa.

2. UMKM jadi tulang punggung ekonomi Indonesia

Perempuan Pegiat UMKM, Sang Tulang Punggung Ekonomi Nasional

 

 

UMKM tak hanya berkontribusi terhadap PDB, tapi juga sangat berpotensi untuk menyerap tenaga kerja. Contohnya adalah di industri pengolahan. Sensus Ekonomi BPS pada 2016 membuktikan UMKM di seluruh Indonesia mempekerjakan lebih dari 10,5 juta tenaga kerja dengan usaha skala mikro mendominasi dengan 40,16 persen di antaranya.

Oleh karena itu, kontribusi UMKM terhadap ekonomi Indonesia semestinya menjadikan para stakeholders optimis terhadap UMKM. Tak hanya pemerintah yang harus mengakomodasi kemudahan dari segi aturan, kebijakan serta infrastruktur, tapi dunia perbankan juga diharapkan membantu meringankan pinjaman modal usaha.

Source :

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU