Peluang Bisnis Takjil Saat Bulan Ramadhan

Peluang Bisnis Takjil Saat Bulan Ramadhan
Bisnis Pekanbaru Dunia UKM Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Peluang Usaha Tips Bisnis

Peluang Bisnis Takjil Saat Bulan Ramadhan, Bulan Ramadhan memang penuh berkah, Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadan juga menyimpan ladang rezeki. Banyak orang menciptakan bisnis dadakan selama bulan puasa dengan keuntungan cukup besar, selain bisa meningkatkan pahala lewat berpuasa dan bersedekah, Anda juga bisa menambah jumlah uang di tabungan.

Berbagai panganan takjil atau panganan untuk berbuka puasa seperti kolak, kue-kue, gorengan, dan masih banyak lagi akan kita jumpai dan dijajakan mulai dari pinggir jalan hingga area food court. Ramainya orang yang mencari takjilan selama bulan ramadhan menjadikan hal ini sebagai prospek bisnis yang cerah dijalani selama satu bulan.

Ada banyak pilihan jenis takjil yang bisa mendatangkan keuntungan untuk Anda selama bulan Ramadhan, berikut beberapa Peluang Bisnis Takjil Saat Bulan Ramadhan di antaranya :

1. Kolak

Kolak merupakan takjil khas Indonesia, kolak biasanya terbuat dari ubi atau pisang yang disajikan dengan santan selagi hangat. Hidangan kolak memang menjadi pilihan bagi kebanyakan masyarakat Indonesia saat berbuka puasa. Ada berbagai macam menu pilihan kolak yang biasanya dijajakan, misalnya kolak pisang, kolak biji salak, candil, dan lain-lain.

Tips untuk Anda yang ingin menjajakan aneka kolak, pastikan jika kolak tersebut masih terjaga kesegarannya ketika dijual. Biasanya orang mulai ramai keluar mencari takjilan pada pukul tiga sore atau selepas shalat Ashar. Jika Anda membuat sendiri kolak tersebut, Anda bisa mulai memasak sejak siang setelah Dzuhur agar kolak bisa disajikan ketika masih hangat pada sore hari.

Usahakan agar produk kolak yang dibuat habis terjual pada hari itu juga karena bahan kolak tidak tahan lama, apabila disimpan dan disajikan keesokan harinya kualitasnya pasti akan turun. Oleh karena itu agar kolak yang dipersiapkan tidak bersisa, sebaiknya jangan membuat porsi terlalu banyak pada periode awal puasa.

2. Kue-kue dan gorengan

Selain kolak, hidangan lain yang tidak boleh ketinggalan saat berbuka adalah menu kue-kue maupun gorengan seperti bolu, lapis legit, pastel, risol, kroket, lumpia, lemper, dan masih banyak lagi. Biasanya saat berbuka puasa, makanan tersebutlah yang menjadi pengganjal perut untuk sementara sebelum masuk ke makanan utama.

Hampir sama seperti kolak, Agar produk kue-kue dan gorengan yang dipersiapkan tetap hangat hingga saat dibeli konsumen ada baiknya jika dipersiapkan beberapa jam sebelum dijual. Ketika dijajakan di tempat jualan, ada baiknya produk gorengan maupun kue ditempatkan di wadah tertutup seperti box plastik untuk menjaga kebersihannya.

3. Minuman

Selain kolak dan sederet makanan untuk berbuka di atas, tidak sedikit orang yang mencari aneka minuman atau es pelepas dahaga ketika berbuka. Biasanya ada aneka jajanan es seperti dawet, cendol, es teler, es campur, blewah, timun suri, dan aneka minuman dingin lainnya.

Agar produk minuman tersebut tetap terjaga kesegarannya ada baiknya jika Anda membuatnya berdasarkan pesanan konsumen di tempat. Atau jika Anda tidak ingin kerepotan melayani banyak pesanan, Anda bisa menyetok produk-produk es dan minuman tersebut menggunakan cooler box atau freezer.

4. Kurma

Selain aneka makanan dan minuman tadi, buah yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan. Ya, kurma! Buah keriput manis asli Timur Tengah ini seringkali ditemui di tengah-tengah jajanan takjil lainnya. Bahkan mengkonsumsi buah kurma sangat dianjurkan oleh pakar kesehatan ketika berbuka sebelum mengkonsumsi makanan lainnya.

Ada banyak jenis kurma yang beredar di pasaran, namun kualitasnya tidak semua sama. Perhatikan segmen pasar yang dituju, untuk kalangan masyarakat umum lebih baik menjual kurma yang grade nya biasa saja karena selain modalnya lebih sedikit harga belinya juga lebih terjangkau bagi konsumen. Sebaliknya untuk kurma impor dengan grade tinggi untuk pesanan khusus atau dijual di ritel.

Itulah beberapa contoh Peluang Bisnis Takjil Saat Bulan Ramadhan yang wajib kamu coba. Selain memaksimalkan ibadah, tak ada salahnya jugakan jika kamu memanfaatkan kesempatan dengan bisnis di atas.

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA