Peluang Bisnis Produksi Toge Pekanbaru Riau

Peluang Bisnis Produksi Toge Pekanbaru Riau
Dunia UKM UKM Riau

Peluang Bisnis Produksi Toge Pekanbaru Riau – Siapa sangka dengan luas halaman hanya 3 x 4 meter Isnen bisa menghasilkan toge mencapai 400-450 kg setiap kali panen.

Ketua RT 03 RW 12 Sidomulyo Timur ini memiliki bakat dan juga keahlian tersebut, dimana memanfaatkan perkarang rumahnya yang sempit untuk dijadikan tempat bisnis dan sejak 13 tahun lalu ia memilih Toge untuk bisnisnya.

Di dalam rumah seng yang ukurannya 3×4 ini biji-biji kacang hijau diubah menjadi kecambah toge yang segar-segar yang kemudian dipasarkan.

“Untuk proses sendiri kita memakan waktu 3,5 hari sehingga bisa dipasarkan ke penjual-penjual toge yang ada di pasar-pasar Pekanbaru. Untuk itu kita setiap harinya akan membuat 50 kilo kacang hijau,” ungkap Isnen.

Nantinya dari 50 kilogram kacang hijau inilah yang menghasilkan 400-450 kg kecambah toge, untuk pasaran sendiri Isnen menjual toge buatannya Rp4.500/kg kepada pedagang.

Pembuatan toge yang dilakukan Isnen masih tradisional dimana dibantu oleh 3 orang pekerja disini proses pembuatan kecambah toge juga harus memperhatikan suhu dan air yang tidak pernah berhenti mengaliri kecambah toge.

Saat ini yang menjadi kendala bisnisnya adalah kualitas kacang hijau yang terkadang buruk menyebabkan kurang bagusnya toge yang dihasilkan. Saat ini saja Kacang Hijau per kilonya mencapai Rp18.000.

Sementara kekurangan yang ada yakni boros di tenaga kerja dan listrik dimana air yang hidup 24 jam. Toge-toge produksi Isnen tidak pernah terkena pasir karena diproses dalam bak-bak kayu yang tak banyak orang mengetahuinya.

Untuk omset Isnen mengaku dalam sebulan tidak kurang dari Rp50-55 juta.

Nah, bagi yang tertarik dna ingin mencoba bisnis ini, bisa datang langsung ke tempak usahanya Isnen di Jalan Bakti 7 No 15 Pekanbaru. Sumber : riausky.com

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status