Menu yang Wajib Ada di Bulan Puasa

Menu yang Wajib Ada di Bulan Puasa
Dunia UKM

Menu yang Wajib Ada di Bulan Puasa – Bulan Ramadan selalu menjadi momen yang istimewa bagi seluruh umat muslim di banyak negara, tak terkecuali Indonesia. Di bulan ini, kita akan menjalankan puasa selama satu bulan penuh, sehingga selama bulan Ramadan, beragam aktivitas serta ibadah menjadi lebih istimewa dari biasanya. Bukan hanya itu saja, beragam sajian khas bulan Ramadan ini tentu menjadi salah satu yang paling ditunggu juga, bukan?

Momen berbuka puasa selalu identik dengan beragam sajian lezat yang pada umumnya menjadi makanan khas di bulan puasa. Bukan hanya itu saja, beragam sajian berbuka ini biasanya akan hadir di hampir seluruh wilayah Indonesia dan begitu familiar, sehingga sering dijadikan sebagai menu wajib saat berbuka puasa.

Beberapa wilayah mungkin saja memiliki menu khas yang hanya ditemukan di kawasan tertentu saja. Namun beberapa menu wajib ini bahkan begitu populer dan sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah sekaligus. Lalu, makanan apa saja yang biasanya wajib dihadirkan saat bulan Ramadan? Inilah menu lezat yang wajib ada di bulan puasa, yaitu:

1. Es kelapa muda

Minuman satu ini menjadi salah satu yang paling populer dan banyak dijadikan pilihan sebagai menu berbuka puasa. Kandungan cairannya yang mirip dengan cairan di dalam tubuh kita, menjadikan air kelapa muda sangat baik untuk berbuka puasa.

Kebanyakan orang akan menikmati es kelapa muda sekaligus dengan daging buah kelapanya, sebab rasanya tentu jauh lebih lezat. Namun di beberapa wilayah, es kelapa muda ini juga biasanya diolah menjadi minuman yang lebih “ramai” dan menarik, yakni dengan cara mencampurkannya dengan berbagai buah-buahan dan juga gula.

Selain itu, kelapa muda juga sering dicampurkan dengan sirup, sehingga terasa lebih manis dan terlihat menarik.

2. Gorengan dan Kue-Kue Manis Lainnya

Gorengan memiliki banyak jenis dan juga rasa yang beragam, tergantung bahan yang digunakan untuk membuatnya. Setidaknya ada beberapa jenis gorengan yang populer dan sangat mudah ditemukan, seperti: gorengan tahu, pisang, ubi, singkong, molen, dan yang lainnya. Makanan yang satu ini sangat banyak dijadikan sebagai menu pilihan ketika berbuka puasa, sebab rasanya yang gurih atau bahkan manis ini begitu disukai oleh banyak orang.

Namun selain gorengan, beragam kue-kue manis lainnya juga sering dijadikan sebagai menu wajib saat berbuka puasa, terutama oleh orang-orang yang suka dengan panganan kecil yang berbau tradisional. Ada banyak jenis panganan yang populer yang sering dijadikan sebagai menu wajib berbuka, antara lain: kue lumpur, nagasari, aneka puding, agar-agar, dan yang lainnya.

3. Es buah

Siapa yang bisa menolak sajian lezat yang satu ini saat berbuka puasa? Es buah menjadi salah satu menu wajib yang banyak sekali disajikan ketika berbuka puasa. Begitu populer dan mudah ditemukan selama bulan puasa, minuman yang satu ini bahkan akan sering dijajakan di sepanjang jalan di saat-saat menjelang berbuka puasa.

Es buah dibuat dengan menggunakan sirup serta gula, dan tambahan potongan-potongan buah segar yang beragam, seperti: nanas, apel, anggur, semangka, melon, nangka, kelapa muda, dan yang lainnya. Dijamin, minuman yang satu ini akan segera menyejukkan tenggorakan sesaat setelah berbuka puasa. Selain melepaskan dahaga, berbagai macam rasa dari buah-buahan ini pun juga memanjakan lidah.

4. Kolak Pisang

Sajian manis yang satu ini begitu mudah ditemukan, bahkan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Ada banyak jenis kolak yang bisa ditemukan di Indonesia, namun pada umumnya kolak-kolak ini selalu menggunakan buah pisang matang sebagai salah satu bahan utamanya.

Makanan yang dibuat dengan tambahan santan dan juga gula ini, biasanya begitu banyak dicari sebagai menu berbuka. Namun jangan khawatir, kolak pisang juga begitu mudah ditemukan dan kamu tidak akan kesulitan untuk mencarinya sepanjang bulan puasa.

Nikmati dan Pilih yang Paling Sesuai dengan Selera

Bulan puasa menjadi momen yang tepat untuk sekaligus menikmati beragam sajian istimewa saat berbuka puasa. Ada banyak pilihan makanan yang sering dijadikan menu wajib untuk berbuka, beberapa di antaranya bahkan begitu populer.

Nikmati dan pilih sajian berbuka yang paling tepat dan sesuai selera, sehingga acara berbuka puasa bisa lebih nikmat dan menyenangkan.

 

sumber:www.liputan6.com

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA