Selasa, 24 Agustus 2021 10:51:52
Dilihat sebanyak 458 kali

Kunci,Inovasi Penting Kemajuan UKM

Kunci,Inovasi Penting Kemajuan UKM
Dunia UKM Inspirasi Bisnis Liputan Media Peluang Bisnis Pemasaran UKM Tips Bisnis

Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan salah satu sektor pendorong perekonomian nasional. Meskipun jumlahnya banyak, tidak sedikit UKM yang mengalami beragam masalah dalam menjalankan dan mengembangkan usaha. Apa alasannya?

Agar usaha yang digeluti dapat berkembang dengan baik, salah satu aspek penting yang harus dilakukan oleh para pelaku UKM adalah dengan melakukan inovasi. Tujuannya adalah jenis produk maupun jasa yang ditawarkan berbeda dengan para pesaing, sehingga konsumen akan berdatangan. “Kalau saya yang penting menjaga kualitas dan pelayanan supaya pelanggan bisa kembali lagi dan belanja lebih banyak. Berikan pelayanan yang terbaik,” kata Musyrifah, pelaku UKM kerajinan perhiasan perak dalam pelatihan Daya di Kantor Cabang BTPN Denpasar, Jumat (11/12/2015).

Senada dengan Musyrifah, Umi yang merupakan pelaku UKM dalam bidang sarana dan prasarana sekolah dan anak-anak pun mengaku inovasi merupakan hal penting dalam mempertahankan bisnis. Dengan inovasi, Umi dapat bersaing dengan pengusaha lain yang sejenis. “Saya membuat ayunan dan perosotan.

Selalu membuat inovasi, tiap tahun modelnya berbeda. Saya buat perosotan modalnya macam-macam dan ayunan modelnya beda-beda,” ungkap Umi. Keduanya setuju bahwa inovasi dalam menjalankan bisnis dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tidak hanya melakukan diversifikasi produk, meningkatkan pelayanan dan kualitas pun merupakan inovasi, sehingga pelanggan akan tetap setiap membeli produk dan bisnis pun semakin berkembang. “Kalau pelayanan bagus, nanti pelanggan tidak akan kapok. Dari mulut ke mulut dikabari, nanti akan ramai,” kata Musyrifah.

sumber : kompas.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA