Kendala yang sering di hadapi masyarakat dalam sektor usaha kecil

Kendala yang sering di hadapi masyarakat dalam sektor usaha kecil
Dunia UKM


Melihat kontribusi UKM yang besar terhadap perekonomian, dan rendahnya pengelolaan modal kerja serta sulitnya memperoleh modal kerja dari lembaga keuangan, maka diperlukan perhatian pemerintah dalam hal permodalan untuk usaha kecil dan menengah yang ada saat ini.

Persoalan ini merupakan masalah global di Indonesia, jadi tidak menutup kemungkinan bahwa di manapun wilayahnya, akibat dari sulitnya memperoleh modal ini telah menjadi hambatan terbesar untuk perkembangan usaha kecil dan menengah.

Akan tetapi beberapa solusi masih memungkinkan jika para pelaku usaha dan bisnis kecil dapat mengetahui tentang beragam informasi cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah serta beragam produk pinjaman dari lembaga keuangan seperti kredit tanpa agunan (KTA) maupun kredit usaha rakyat (KUR) dari perbankan.

Namun disisi lain kesulitan terbesar pada sektor usaha kecil di dalam pengelolaan modal kerja seringkali terletak pada manajemen keuangannya.

Pola pemisahan antara kebutuhan modal kerja dengan kebutuhan hidup keluarga sehari hari masih sering tercampur dan tidak memiliki pengelolaan yang terencana dengan tertib dan bijaksana.

Kesulitan modal lainnya terjadi karena usaha kecil pada umumnya tidak cukup mudah untuk bisa mengakses sumber pembiayaan, terutama jika berhubungan dengan pihak ketiga seperti bank maupun mitra usaha lainnya yang sifatnya sangat ketat dan selektif dalam memilih calon debiturnya.

Kelemahan ini tentunya berdampak luas pada peningkatan daya saing dan kemantapan untuk memulai mendirikan usaha.

Dengan demikian sudah sepatutnya dibutuhkan pembinaan yang baik bagi para pelaku UKM supaya mereka dapat ikut bersaing dalam dunia bisnis dan usaha yang kini telah memasuki era pasar global seperti bisnis online ini salah satunya.

Selain masalah pembinaan, persoalan penting yang kerap dihadapi oleh UKM adalah minimnya inovasi yang sepatutnya mereka temukan, sehingga kinerja UKM dapat terus meningkat serta memberikan dampak positif dan mampu bersaing dengan usaha usaha yang sudah maju sebelumnya.

Sumber : centrausaha.com


Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA