Inspirasi Bisnis Gypsum Pekanbaru Riau

Inspirasi Bisnis Gypsum Pekanbaru Riau
Dunia UKM

Inspirasi Bisnis Gypsum Pekanbaru Riau – Sebuah usaha tidak mesti dilakukan di pabrik. Syamsuddin misalnya. Perajin gypsum ini ternyata mampu mengerjakan produknya di sebuah rumah yang justru dia sulap menjadi pabrik. Keuntungan yang dihasilkannya pun cukup besar. Dalam satu bulan, Syamsuddin mampu meraup keuntungan bersih sebesar Rp 7 juta.

Profil dan lis gypsum buatan Syamsuddin dikerjakan di pabriknya di kawasan Condet, Jakarta Timur. Dibantu sekitar 20 karyawannya, laki-laki asal Betawi ini, setiap harinya mampu membuat berbagai hiasan dari gypsum.

Lis gypsum papan dijual dengan harga Rp 7 ribu per meter. Sedangkan, tempat ornamen lampu dijual mulai dari harga Rp 80 ribu, tergantung ukuran dan ketebalannya. Hiasan ini memiliki keunggulan tidak mudah pecah, anti rayap dan api, ringan serta kedap suara.

Lulusan Institut Agama Islam Negeri Jakarta (sekarang Universitas Islam Negeri) ini, menuturkan, kerajinan ini sangat mudah dibuat. Awalnya, bahan adonan gypsum dicampur dengan serat. Kemudian, dicetak dan dikeringkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, dilepaskan dari cetakannya. Untuk mengeringkannya, cukup diangin-anginkan selama kurang lebih dua hari. Semua dilakukan dengan tangan. Sumber : news.liputan6.com

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status