Kamis, 16 Mei 2019 10:51:04
Dilihat sebanyak 349 kali

Distro Linux Buatan Indonesia

Distro Linux Buatan Indonesia
Dunia UKM

Linux merupakan sistem operasi open source yang bisa kita gunakan gratis tanpa ada biaya tambahan. Linux menjadi kandidat yang ideal untuk men-setup server. Maka pada post kali ini saya akan membahas 5 distro Linux terbaik untuk server.

1. Debian
Debian termasuk distro Linux yang sudah tua berusia di atas 20 tahun. Debian menjadi salah satu distro yang popular karena stabilitasnya, bahkan Ubuntu dikembang dari Debian. Distro ini juga terkenal ringan dan memiliki kinerja yang cepat, yang menjadikannya pilihan yang cocok jika mesin menggunakan hardware yang lebih tua.

2. Ubuntu Server
Ubuntu terkenalkan sebagai Linux Distro popular untuk desktop. Dan Canonical, perusahaan dibalik Ubuntu, juga mempunyai versi untuk server yang dipanggil dengan Ubuntu Server. Atau jika kamu menggunakan platform cloud, tersedia juga versi Ubuntu Cloud Server.

3. OpenSUSE
OpenSUSE merupakan Linux Distro yang dirancang khusus bagi developer dan system admins yang ingin menjalankan servernya sendiri. Distro Linux terbaik ini memiliki installer yang mudah untuk digunakan dan dapat dikonfigurasikan untuk menggunakan Text Mode untuk men-setup server dan menjalankannya.

4. Fedora Server
Fedora Server memungkinkan kita untuk menggunakan dan mengelola server menggunakan tool Rolekit. Sistem operasi ini juga membawa server database PostgreSQL. Selain itu juga termasuk FreeIPA, memungkinkan untuk mengelola otentikasi login, access control information dan melakukan audit dari satu lokasi terpusat.

5. CentOS
CentOS memiliki repository yang berisi software yang sudah diuji, sehingga lebih aman dan stabil untuk sistem production. Untuk control panel, distro ini hadir dengan cPanel. Dan jika kamu sudah familiar dengan paket .rpm dan yum, CentOS merupakan server Linux yang cocok untuk kamu.

Sumber : dedicatedserverindonesia.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA