Sabtu, 15 Juli 2017 07:36:32
Dilihat sebanyak 1.440 kali

Bisnis Usaha Ketoprak Pekanbaru Riau

Bisnis Usaha Ketoprak Pekanbaru Riau
Bisnis Pekanbaru Dunia Kerja Dunia UKM Inspirasi Bisnis Internet Marketing

Bisnis Usaha Ketoprak Pekanbaru Riau – Ketoprak adalah makanan khas Indonesia yang cukup populer di masyarakat. Seperti halnya gado-gado, ketoprak juga berasal dari Betawi atau Jakarta. Cara penyajian ketoprak pun tidak jauh berbeda dengan gado-gado, yaitu dengan dengan menggunakan saus bumbu kacang. Bedanya jika gado-gado menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya, ketoprak justru menjadikan lontong atau ketupat dan bihun sebagai bahan utama.

Untuk menyeimbangkan kandungan karbohidrat dari lontong dan bihun, ketoprak juga dilengkapi potongan tahu yang digoreng setengah matang, taoge, dan kerupuk. Tak lupa tambahan kecap manis untuk memperkaya cita rasa.

Deskripsi Usaha Ketoprak

Bahan baku
Bumbu kacang adalah faktor yang membedakan rasa ketoprak satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, pilihlah kacang tanah berkualitas sebagai bahan baku ketoprak Anda. Selain itu, pilihlah jenis beras juga akan menentukan kelezatan dan legit tidaknya lontong/ketupat Anda. Pilihlah beras yang butiranya tidak terlalu besar, berwarna putih bening, dan tidak berbau apek. Begitu juga saat memilih tahu untuk bahan tambahan. Belilah tahu kuning atau putih yang masih segar dan belum berbau.
Tips Membuat Ketupat

Beras yang digunakan harus dicuci bersih, direndam selama 3 jam dan hasil tirisannyadicampur sedikit kapur sirih.
Beras yang dimasukkan ke bungkus ketupat harus sebanyak 2/3 isinya. Jangan sampai lebih dari itu.
Didihkan terlebih dahulu air yang akan dipakai untuk merebus ketupat.
Ketupat harus direbus kurang lebih selama 4-5 jam dan selama itu harus dalam keadaan terendam penuh.
Setelah matang, ketupat harus digantung sampai kering.

Tempat Usaha

Umumnya, ketoprak dijual berkeliling disekitar perumahan atau tempat-tempat ramai lainnya, seperti kampus, pasar, dan daerah perkantoran. Kini, banyak juga penjual ketoprak yang menyewa sebuah tempat usaha di kawasan-kawasan yang memang ramai, terutama di waktu jam makan siang dan makan malam. Misalnya, di sekitar perkantoran, sekolah, dan kampus. Itu karena ketoprak adalah jenis makanan yang umumnya dikonsumsi sebagai menu makan besar.

Perlengkapan Usaha

Perlengkapan yang harus Anda miliki jika ingin membuka usaha ketoprak adalah gerobak. Berbeda dengan gerobak pada umumnya, gerobak ketoprak memilki bentuk khas yang sangat identik dengan makanan ini. Namun, jika susah untuk mendapatkannya , Anda juga bisa menggunakan etalase sederhana. Jangan lupa menempelkan tulisan “ketoprak” di kaca etalase agar setiap orang yang lewat tahu bahwa Anda menjual ketoprak.

Perlengkapan lain yang tak kalah pentingnya dalam usaha ketoprak adalah kompor dan tabung gasnya, wajan dan spatula untuk menggoreng tahu, wadah plastik untuk menyimpan taoge dan bihun, kaleng kerupuk, pisau, dan peralatan makan (piring,sendok,garpu, dan gelas). SUmber : kampungwirausaha.com

 

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status