Senin, 10 Juni 2019 14:40:47
Dilihat sebanyak 763 kali

Beberapa Tips Sukses Memulai Bisnis

Beberapa Tips Sukses Memulai Bisnis
Dunia UKM Tips Bisnis

1. Tetap Fokus Pada Satu Peluang Bisnis

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi dan informasi, hampir segala hal yang kita temukan di dunia maya adalah peluang bisnis, tetapi bukan semata-mata kita harus melakukan dan mencoba semuanya guys. Dengan begitu banyaknya peluang yang kalian ambil, hal ini tentu saja akan membuat kalian bingung dalam memilih fokus utama. Tak jarang juga ada banyak pembisnis pemula yang berpindah fokus sebelum menyelesaikan fokus peluang bisnis yang pertama. Taukah kalian untuk sukses memulai bisnis kalian tidak bisa mengembangkan semua peluang yang ada. Kalian harus fokus terhadap bisnis yang memiliki peluang tertinggi dan tetap menggelutinya sampai akhir.

Oleh karena itu, kalian harus bisa memilih peluang usaha yang sekiranya cocok dengan kemampuan kalian. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda, kalian harus mulai belajar fokus pada satu bidang yang kalian kuasai dan tetap mengembangkan bisnis tersebut hingga akhir.

2. Kuasai Segalanya Tentang Bisnismu

Pada awal mula bisnis kalian di mulai, mungkin tidak banyak Investor yang mau atau tertarik dengan bisnis kalian. Oleh karena itu kalian harus mulai mempelajari tentang seluk-beluk bidang bisnis yang kalian geluti mulai dari sekarang. Sekalipun itu hal kecil, bisa saja akan menjadi sangat berguna dalam rangka membangun bisnis yang sukses.

Hal ini sangat penting untuk membuat para Investor yakin bahwa mereka akan menaruh uang mereka di tempat yang tepat dan memiliki resiko yang sedikit dan bahkan mendekati nol. Bagi kalian yang belum melakukannya, mulailah untuk mempelajari bisnis kalian sekarang juga.

3. Selalu Mau Belajar Dari Orang Lain

Untuk sukses memulai bisnis, kalian harus jeli dalam mempertimbangkan segalanya, bahkan pengetahuan dari orang lain sekalipun. Bagi kalian yang biasa tidak mau mendengarkan pendapat orang lain, mulai sekarang rubahlah. Semua pengusaha sukses selalu mau belajar dari orang lain. Selagi itu adalah ilmu yang bermanfaat, ambilah. Tetapi jika itu ilmu yang tidak bermanfaat, tinggalkan saja. Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, untuk itulah kita harus mulai menerima pelajaran dari orang lain.

Tidak ada satu orangpun di dunia ini yang mengetahui segala hal, oleh karena itu sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain di sekitar kalian. Cobalah untuk memilih mentor atau teman yang lebih bepengalaman dari kalian untuk menjadi penasihat. Lebih baik banyak mendengar dari pada banyak berbicara.

4. Hiduplah Dengan Sederhana

Untuk sukses memulai bisnis, kalian harus menerima segala proses dengan lapang dada. Lupakan dulu tentang rumah mewah, mobil mewah, kantor besar dan lainnya. Kalian hanya cukup untuk menikmati proses, menanjak anak tangga satu persatu dari pada harus mengambil jalan pintas. Dengan memulai hidup lebih sederhana akan membuat kalian lebih menikmati proses untuk menuju kesuksesan dari pada harus merasa penat menunggu untuk sukses, menunggu untuk kaya. Taukah kalian bahwa kebanyakan pengusaha bangkrut karena tidak sabar untuk cepat kaya?

Mulai dari sekarang rubahlah visi kalian, bukan untuk menjadi kaya tetapi untuk berhasil dalam usaha. Sedikit demi sedikit akan menjadi bukit. Tidak ada pengusaha sukses yang langsung kaya, semua berawal dari kerja keras dan keringat.

5. Belajar Dari Kegagalan

Kegagalan adalah rintangan klasik yang akan selalu hadir di jalan untuk sukses memulai bisnis. Kalian perlu tahu bahwa tidak ada satupun yang pasti di dunia ini. Sama seperti di dunia bisnis, semua pengusaha sukses selalu mengingat hal ini sampai kapanpun. Untuk menentukan kesuksesan, setiap orang hanya di berikan 2 pilihan saja, memilih untuk maju atau diam. Jika kalian inginkan untuk maju, maka kalian harus siap mengalami kegagalan, kegaglan adalah hukum alam, tidak ada orang yang tidak pernah mengalaminya.

Banyak orang yang tidak ingin gagal, tetapi justru pemikiran tersebut sesungguhnya salah besar. Kita gagal untuk sukses, kegagalan justru mengajarkan kita untuk tidak terjebak di lubang yang sama. Kegagalan akan membantu kalian untuk mempersiapkan semuanya untuk sukses. Ketika gagal, jangan putus asa, terus mencoba dan belajarlah dari pengalaman itu. Kegagalan adalah guru yang terbaik.

6. Tunjukan Jika Konsep Bisnismu Adalah yang Terbaik

Yakinlah bahwa tidak ada satupun Investor yang tidak akan tertarik dengan bisnismu. Untuk sukses memulai bisnis kalian juga harus memiliki kemampuan untuk selalu menunjukan yang terbaik. Berawal dari keyakinan kemudian turun ke pembuktian. Jalankan konsep bisnis dengan modal seadanya, hal ini tentu akan memberi bukti nyata kepada Investor. Ketika kalian sudah mencapai pada tahapan ini, bukan kalian yang akan mencari Investor, melainkan para Investor yang akan mencari kalian.

7. Lakukan Hal yang Kalian Suka

Dalam melakukan apapun, jika kita nyaman dan suka dalam melakukannya, pasti kita akan senang menjalani setiap proses yang ada dengan sepenuh hati. Setiap hal yang kita geluti pasti akan menunjukan hasil yang maksimal jika kita melaksanakan itu semua dengan sepenuh hati bukan? Itulah mengapa, alasan untuk melakukan hal yang kalian suka adalah poin yang sangat penting untuk sukses memulai bisnis.

8. Jagalah Kesehatan

Di mana-mana, kesehatan adalah hal yang paling penting. Bagaimana kalian akan menjalankan suatu bisnis jika kalian malah jatuh sakit? Kerja keras yang di lakukan oleh tubuh kita harus di bayar dengan pola makan dan olahraga yang cukup. Otak kalian tidak mungkin bisa berfikir dengan jernih tanpa itu semua.

Atur pola makan kalian mulai dari sekarang, berolahraga dengan teratur, dan sempatkan waktu sejenak untuk beristirahat dari pekerjaan, jangan memaksakan diri. Ketahuilah, kesehatan akan memberimu kesempatan untuk melakukan segala hal dengan baik, ingatlah bahwa kinerja otak sebenarnya di tentukan oleh kondisi tubuh.

9. Buktikan Semua Dengan Tindakan, Bukan Kata-Kata

Di jalan untuk sukses memulai bisnis, kalian harus selalu membarengi setiap perkataan dengan tindakan, bukan hanya sekedar omong kosong. Untuk memanen sawah petani harus berkerja keras demi mendapakan hasil, sama juga konsepnya seperti pengusaha. Seorang pengusaha pasti tidak akan maju bisnisnya jika hanya mengandalkan konsep tanpa tindakan. Bagi kalian yang terbiasa banyak bicara tanpa bertindak, sebaiknya segera ubah kebiasaan itu sekarang juga.

Karena sesungguhnya tidak ada kesuksesan yang di awali dengan bermalas-malasan. Untuk mendapatkan emas, kalian harus berani menggali lubang sedalam-dalamnya, bukan hanya sekedar retorika semata.

10. Tahu Kapan Harus Berhenti Berusaha

Seorang kapten yang bijak tidak akan berlayar menuju badai, hanya untuk menenggelamkan seluruh awak kapalnya. Itu adalah pepatah klasik yang menjelaskan bahwa orang bijak pasti tau waktu kapan harus berusaha dan berhenti. Berhenti untuk berusaha bukan berarti kalian harus menyerah terhadap bisnis yang selama ini kalian geluti. Tetapi memang ada saat-saat atau waktu di mana kita tidak boleh mengambil kesempatan yang seharusnya tidak boleh kalian ambil.

Pada waktu itu, kalian di paksa untuk berhenti berusaha dan berusaha mengambil jalan lain. Tuhan tidak akan memberikan cobaan kepada umatnya melebihi batas kemampuan. Semua pasti ada jalan keluarnya, dan tugas kalian adalah untuk mencari jalan tersebut.

 

sumber:www.klikmania.net

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA