Senin, 29 Januari 2018 17:43:30
Dilihat sebanyak 954 kali

Anda pebisnis UKM yang ingin Go International ? Intip tipsnya !!

Anda pebisnis UKM yang ingin Go International ? Intip tipsnya !!
Berita UKM Nasional Dunia UKM

BISNIS RIAU – Presiden Direktur Baba Rafi Indonesia, Hendy Setiono memiliki 1300 outlet di 9 negara saat ini. Dia mengembangkan usahanya dari UKM menjadi bisnis waralaba atau franchise.

Menurutnya ada tiga kunci sukses agar UKM bisa go international.

Pertama, memiliki kemasan yang bagus dan branding yang baik.
Kemasan yang baik dan menarik menurutnya sangat diperlukan agar banyak yang mau membeli meskipun rasa dari produk itu tidak kalah penting. Penting baginya, kemasan yang didesain harus menarik untuk masuk ke pasar global.

“Dengan adanya kemasan dan branding proporsional membuat lebih mudah untuk dikembangkan ekspor,” ujarnya.

Kedua, dari segi manajemen menurutnya harus memiliki SDM yang juga siap berskala global. Jika memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang bagus maka akan lebih mudah memasarkan di pasar internasional.

“Kuncinya untuk menjadi wirausaha siap ekspor ya menyiapkan SDM manajemennya dengan SDM yang skala global juga. Mereka yang punya kemampuan bahasa Inggris yang baik tentu lebih mudah jualan. Yang punya pengalaman mengerti bagaimana melakukan bisnis di luar negeri pasti lebih menang juga,” ujarnya.

Ketiga, dia menyebut pengusaha saat ini harus melek teknologi, baik promosi lewat internet seperti media sosial maupun e-commerce. Memurutnya, promosi harus digencarkan lewat dunia maya untuk memperluas pasar.

“Kita punya produk bagus tapi kalau hanya dikenal dalam negeri tentu tidak diketahui di luar sehingga kalau kita aktif di online atau sosmed dengan satu kemasan konten bagus, akan menjadi daya tarik dari calon pembeli di luar negeri untuk mau membeli produk kita,” ungkap Hendy.

 

Sumber : detik.com

About Wina Rahma Fitri

Wina Rahma Fitri "I'm a Programmer, and coding is my life"