Selasa, 28 September 2021 10:52:22
Dilihat sebanyak 295 kali

6 Strategi Rekrutmen UMKM untuk Tarik Minat Kandidat Terbaik

6 Strategi Rekrutmen UMKM untuk Tarik Minat Kandidat Terbaik
Berita UKM Nasional Dunia UKM Iklan UKM Liputan Media Peluang Bisnis Peluang Usaha Pemasaran UKM

Persaingan dunia kerja semakin ketat. Bukan hanya pencari kerja yang berlomba-lomba untuk bisa diterima, melainkan perusahaan juga ikut bersaing untuk mendapatkan kandidat terbaik. Tak terkecuali pemilik usaha kecil dan menengah atau UMKM.
Memang, sumber daya manusia (SDM) mumpuni merupakan keharusan dalam rangka menjalankan serta mengembangkan bisnis. Sayangnya, banyak UMKM yang takut berkompetisi dengan pelaku bisnis berskala besar dalam menemukan calon kandidat yang kompeten.

Hal ini mengingat perusahaan skala besar biasanya menawarkan benefit yang sudah stabil serta memiliki pengalaman bisnis yang mungkin sudah dikenal banyak orang. Namun jangan berkecil hati, usaha kecil dan menengah tetap bisa memenangkan hati para kandidat unggulan untuk bergabung ke perusahaan. Yuk, simak tips rekrutmen bagi UMKM seperti dikutip dari Forbes berikut ini!

1. Menggelar Open House atau Job Fair

Salah satu cara untuk menarik perhatian pelamar kerja yaitu dengan menggelar kegiatan open house atau job fair. Dengan begitu calon karyawan bisa mengenal lebih dekat seluk beluk perusahaan. Anda dapat membagikan informasi menarik yang mungkin publik belum tahu tentang bisnis yang Anda jalani. Saat ini, banyak penyelenggara Virtual Job Fair yang dapat diikuti oleh UMKM, salah satunya adalah JobStreet Virtual Career Fair.

2. Perkuat Budaya Perusahaan

Cara terbaik untuk menarik minat kandidat unggulan yaitu dengan menguatkan budaya perusahaan. Anda dapat membangun budaya serta lingkungan kerja yang nyaman. Utamanya budaya yang menekankan keterbukaan, kolaborasi serta koneksi antar tim. Dengan begitu diharapkan budaya tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi calon kandidat.

3. Tawarkan Jenjang Karier yang Jelas

Perusahaan skala kecil dan menengah tentu berbeda dengan perusahaan besar yang umumnya memiliki birokrasi dan tatanan yang kaku sehingga tidak jarang membatasi kemampuan karyawan. Poin ini jelas bisa menjadi peluang agar bisnis lebih dikenal oleh kandidat.

Anda bisa menonjolkan aspek fleksibilitas dalam pekerjaan. Atau bisa juga dengan menawarkan jenjang karier yang lebih jelas dan luas bagi pelamar kerja. Kandidat kompeten biasanya senang dengan pekerjaan yang menantang. Apalagi jika memberikan kesempatan untuk dapat berkembang menjadi lebih baik.

4. Berikan Waktu Kerja yang Fleksibel

Saat ini fleksibilitas menjadi salah satu daya tarik yang dapat mencuri perhatian calon pelamar kompeten. Tidak hanya fleksibilitas dalam memilih tempat kerja, melainkan juga dalam waktu untuk bekerja. Sebab waktu kerja yang fleksibel dinilai dapat mendorong produktivitas. Dengan begitu karyawan dapat bekerja lebih optimal dan mencapai target bisnis Anda.

5. Sediakan Fasilitas yang Memadai

Perlu Anda ketahui gaji bukanlah faktor utama yang menarik hati pelamar kerja. Mereka juga kerap mempertimbangkan benefit lainnya, termasuk fasilitas kerja. Apakah fasilitas yang disediakan oleh perusahaan dapat menunjang efisiensi maupun produktivitas karyawan, seperti ruangan kerja, perangkat komputer, koneksi internet dan lainnya. Hal ini tentu harus dipenuhi apabila perusahaan Anda ingin terlihat lebih unggul dibandingkan perusahaan lainnya.

6. Manfaatkan Media Sosial

Untuk menjaring kandidat potensial dalam proses rekrutmen karyawan, Anda dapat memanfaatkan platform media sosial. Mengingat saat ini masyarakat banyak mencari informasi lewat berbagai platform yang ada. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan calon karyawan yang tidak bakat, tapi juga disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat membangun branding yang kuat tentang perusahaan dengan beriklan di platform job portal. Berdasarkan data Credibly, sebanyak 60 persen kandidat mengandalkan portal pencarian kerja online seperti JobStreet untuk mencari pekerjaan yang sesuai.

Untuk itu, Jobstreet hadir membantu perusahaan, terutama bisnis kecil dan menengah dalam proses rekrutmen kandidat unggulan. Anda dapat mencari calon karyawan yang sesuai dengan mudah dan bebas drama melalui berbagai paket iklan loker yang tersedia.

Tidak hanya itu saja, UMKM dapat mempelajari dengan mudah faktor apa saja yang sebenarnya dicari oleh calon kandidat sesuai dengan industri UMKM melalui portal JobStreet Laws of Attraction yang dikembangkan dari hasil studi komprehensif pada lebih dari 9,800 kandidat dari 25 bidang industri di Indonesia. Informasi ini sangat penting untuk membantu UMKM membuat iklan loker yang dapat menarik para kandidat berkualitas.

 

sumber:detikfinance

 

 

 

 

 

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA