Cara Menjalin Kerjasama Dengan Perusahaan Lain

Cara Menjalin Kerjasama Dengan Perusahaan Lain
Dunia Kerja Kerja Sama

Cara Menjalin Kerjasama Dengan Perusahaan Lain – atau pabrik yang memproduksi barang atau jasa tertentu sangatlah mudah.  Dalam persaingan global tentu setiap perusahaan tidak akan dapat berdiri sendiri tanpa ditopang oleh perusahaan lain. Jika anda sedang mencari distributor, agen, atau perusahaan yang memproduksi alat atau service tertentu, maka anda dapat melakukan kerja sama dengan beberapa tahapan.

Jika anda berniat menjalin kerja sama dengan perusahaan sebagai individu maka anda harus memahami konsep yang akan anda jalankan. Apakah anda bertindak sebagai freelance perusahaan tersebut atau anda sebagai mitra. Namun, jika anda memiliki posisi sebagai individu tentu akan sulit untuk menjalin sebagai mitra perusahaan tersebut.

Berikut adalah beberapa tahapan yang wajib anda ketahui jika anda ingin bermitra dengan sebuah perusahaan atau supplier untuk barang tersebut.

  1. Cari beberapa calon supplier dari Internet atau dari media lainnya. Usahakan anda mencari beberapa supplier sebagai komparasi terhadap alat/barang/jasa tersebut. Pastikan anda mendapat kualitas dan layanan yang baik.
  2. Tawarkan konsep kerjasama anda pada kepala bagian penjualan atau pemilik pabrik tersebut.
  3. Mintalah beberapa bocoran harga dari supplier yang anda temukan.
  4. Pastikan mereka adalah perusahaan resmi atau pabrik langsung
  5. Jika kerja sama telah terjalin, jangan lupa sekali-kali melakukan pendekatan seperti makan siang bersama dengan kepala purchasing tersebut.
❛❛ Baca juga :   Meraup Keuntungan Dari Berbisnis Tahu Jeletot Taisi

Dalam hal kerja sama, jika anda telah paham mengenai tips wawancara kerja maka anda dapat mempraktekannya saat melakukan negosiasi kerjasama dengan klien tersebut.

Keuntungan Menjalin Kerjasama Dengan Perusahaan Lain

Ada beberapa keuntungan dalam menjalin kerjasama dengan perusahaan lain antara lain adalah memperoleh dan memperluas bisnis yang sebelumnya tidak pernah terjamah. Keuntungan lain adalah sebagai berikut :

  • Mengenal dan memperluas koneksi
  • Memunculkan ide dan peluang bisnis baru
  • Memperbesar mitra dan bisnis perusahaan
  • Bisnis sampingan diluar bisnis inti perusahaan.
  • Mendapatkan konsumen baru yang mungkin akan berkerjasama juga untuk perusahaan dalam jangka panjang.

Tidak ada ruginya dalam bermitra dengan perusahaan lain, dengan catatan kejujuran adalah hal yang terpenting dalam menentukan kerja sama dengan perusahaan lain. Cara menjalin kerjasama dengan perusahaan lain ini memang terkadang tidak selalu sama antara yang satu dengan yang lainnya. Bisa saja perusahaan tertentu tidak menerima konsep kerja sama yang ditawarkan, namun perusahaan yang lain menerima dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

❛❛ Baca juga :   TIPS MEMULAI USAHA RENTAL MOBIL

Cara Lain Menjalin Kerjasama Dengan Perusahaan

Cara lain yang dapat digunakan dalam menjalin kerjasama dengan perusahaan adalah dengan memperoleh koneksi orang dalam atau karyawan kepercayaan di perusahaan tersebut. Dengan ada koneksi ini diharapkan segala proses kerjasama akan dibantu oleh orang tersebut dan tidak menimbulkan kecurigaan terhadap kerjasama yang ditawarkan.

Koneksi orang dalam merupakan salah satu cara menjalin kerjasama dengan perusahaan yang paling ampuh, selain tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bernegoisasi, keuntungan lain adalah mudahnya mendapatkan harga terbaik. Dalam melakukan bisnis hal utama yang perlu diperhatikan adalah kejujuran. Karena kejujuran adalah inti dari seluruh kerjasama dan cara menjadi orang sukses dalam bidang apapun.

 

Sumber : blogging.co.id

Tentang Mayri Hevinka Putri

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA