header-image

Bisnis Usaha Semangka Kotak Aneka Bentuk Pekanbaru Riau

Bisnis Usaha Semangka Kotak Aneka Bentuk Pekanbaru Riau

Bisnis Usaha Semangka Kotak Aneka Bentuk Pekanbaru Riau – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah semangka, tapi apakah Anda sudah mengetahui ternyata ada semangka kotak juga loh, pasti unik! Nah, AnekaTasLucu.Com ingin mengulas sedikit nih tentang buah yang sangat tidak biasa ini.. simak yuk.. ^^

Semangka kotak sebenarnya sama saja dengan semangka pada umumnya, hanya saja bentuknya yang sedikit aneh tapi sebenernya sih lebih cocok dikatakan unik yaitu berbentuk kotak. Serius loh, bener-bener kotak ya bentuknya, bukan semangka bulat lalu diiris-iris menjadi kotak. Daripada Anda penasaran, langsung aja lihat penampakannya yah. semangka kotak, semangka bentuk persegi, buah semangka segiempat

Tuh, lucu banget kan buah yang satu ini. Pasti Anda semua penasaran ingin tahu mengapa bisa begitu yah.. darimana asalnya dan berapa sih harganya.. hehe..

Asal Usul Semangka Kotak yang Menarik Perhatian Dunia
Tagline tersebut tidaklah mengada-ada ya, memang semangka kotak sangat menarik perhatian dunia. Awalnya ide ini ditemukan di negara Jepang sekitar tahun 1980-an yang masyarakatnya terkenal sangat kreatif membuat hal-hal baru, bahkan seringkali dianggap sebagai negara dengan ide-ide yang nyeleneh..

semangka kotak jepang, teknologi buah semangka, pertanian semangka modernSaat itu petani-petani di Jepang mengalami masalah keterbatasan tempat simpan hasil panen. Jika semangka bulat, tentu banyak sekali ruang kosong yang tidak terisi di sela-sela buah. Karena itu petani Jepang menyiasati dengan membuat semangka kotak agar seluruh ruangan gudang dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Hasilnya, gudang-gudang buah semangka kini dapat dipenuhi oleh kotak-kotak (bukan butiran lagi) semangka lebih efisien.

Tapi ternyata ide yang awalnya untuk menyiasati ruang itu malah mendapat perhatian yang lain, ide ini sangat brilliant, luar biasa. Sebab semangka kotak tidak hanya sebagai buah biasa saja, tetapi kini memiliki nilai tambah yang lebih, indah dipAndang dan sangat cantik dijadikan hadiah. Bahkan harga jualnya pun menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Bravo!

Bagaimana Cara Membuat Semangka Kotak? Ini Rahasianya..
Ternyata membuat semangka yang unik ini tidaklah sulit loh.. serius banget, tidak sulit. Memang tantangannya hanya ada di awal saja dan ketika perawatan. Inti dari membuat semangka kotak yaitu membentuk semangka menjadi kotak, jadi tidak ada bibit khusus semangka kotak atau varietas semangka kotak ya.. semangka apapun bisa menjadi kotak dengan TRIK.. How? Ya dicetak saja.. hahaha..

cara membuat semangka kotak, cetakan semangka kotak, cetakan bahan aklirik untuk semangkaBenar, memang hanya dicetak saja, tapi bagaimana caranya? Petani yang sudah terbiasa membudidayakan semangka jenis A sudah mengetahui ukuran rata-rata buah semangka yang dihasilkan. Nah, ukuran tersebut dijadikan acuan untuk membuat cetakan buah semangka. Misalnya semangka bulat memiliki volume 2000 cm3, maka petani akan membuat cetakan dengan volume yang sama.. hitung-hitungannya diskip saja yah.. ini kan artikel santai, tidak perlu mikir.

Setelah itu, petani membudidayakan semangka bulat seperti biasa sesuai dengan varietasnya, dipupuk, disiram dan pokoknya dirawat deh. Setelah ukuran buah semangka mencapai setengah dari ukuran maksimal, buah-buah terbaik dipilih kemudian cetakan kotak yang terbuat dari kayu dipasang (saat ini terbuat dari akrilik). Masa pemasangan kotak biasanya setelah usia 40-45 hari sejak berbunga.

Bakalan semangka kotak ini kemudian digantung dan dijaga jangan sampai terkena air, sebab jika terkena air nantinya akan busuk. Ketika semangka mendekati waktu panen, sekitar 5 hari sebelum panen kotak-kotak cetakan dibuka. Hal ini bertujuan untuk mempercantik penampilan luar serta menjadikanya lebih manis. Bisa Anda bayangkan kan kalau sehabis dibuka dari cetakan, pasti bersudut-sudut bentuknya, makanya perlu dibuka dulu dan dibiarkan 5 hari sebelum pemanenan.

Semangka Kotak Saat Ini..
Sekarang, industri pertanian semangka kotak menjadi bidang agrikultur yang sangat menjanjikan. Harga 1 buah semangka di Jepang bisa mencapai RUB 700 atau sekitar 270.000 jika dirupiahkan. Tidak hanya semangka saja yang dijadikan kotak, ternyata buah lainnya pun bisa dijadikan bentuk yang sama, seperti melon atau labu.

Selain bentuk semangka kotak yang digemari oleh masyarakat, petani kini membuat inovasi-inovasi bentuk lainnya seperti bentuk hati, segitiga, hingga bentuk yang sangat nyeleneh, kepala micky mouse. Sumber : anekataslucu.com

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai