Jumat, 9 Februari 2018 10:41:55
Dilihat sebanyak 854 kali

Menteri Susi – Dulu Kotor dan Becek, Groundbreaking Proyek PIM Muara Baru

Menteri Susi – Dulu Kotor dan Becek, Groundbreaking Proyek PIM Muara Baru
Bisnis Pekanbaru Liputan Media

Bisnis Riau, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti melakukan groundbreaking proyek pembangunan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta. Saat acara tersebut berlangsung, Menteri Susi membeberkan jika dirinya mempunyai kesan tersendiri terhadap pasar ikan muara baru yang lama.

Menurutnya, ketika masih menjadi pengusaha ikan, dia sering menjual ikan hasil tangkapannya di pasar ikan muara baru. Namun ketika itu kondisinya sangat memprihatinkan karena kotor dan juga bau.

“Dulu masih kotor becek, nah sekarang saya jadi Menteri ingin memperbaiki,” ujarnya dalam acara groundbreaking di PIM Muara Baru, Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Susi mengaku pernah bercita-cita memiliki ocean center. Adapun ocean center yang dicita-citakan oleh Susi nantinya merupakan tempat penjualan ikan uang bersih dan higenis.

Selain itu, keinginan untuk membuat ocean park juga bertujuan untuk tempat hiburan dan kuliner bagi masyarakat. Karena meskipun berkonsep pasar ikan, namun fasilitas yang dihadirkan sama halnya seperti di mall.

Namun keinginannya tersebut akhirnya terpaksa musnah karena saat itu stok ikan dalam negeri sangatlah terbatas. Bahkan dirinya sempat untuk beralih profesi sebagai pengusaha pesawat karena stok ikan tak kunjung membaik.

“Dulu saya bermimpi punya ocean center. Dari mulai jualan perahu jetsky dan perikanan namun ikan hilang waktu itu Sekarang ikan sudah kembali masyaratak harus rame rame,” jelasnya.

Menurut Susi akhirnya cita-citanya untuk membangun pasar ikan modern bisa tercapai ketika dirinha menjabat sebagai Menteri. Meskipun fasilitas tersebut bukan milik probadinya, namun secara probadi Susi mengaku senang karena keingannannya bisa terpenuhi.

Apalagi, saat ini stok ikan nasional telah membaik. Hal tersebut tidak terlepas dari komitmen Presiden Joko Widodo untuk menyediakan fasilitas laut (ikan) hanya untuk nelayan.

“Saya kasih tahu, ikan satu satunya yang tidak ada kartel. Karena presiden sudah komt ikan hanya untuk nelayan indonesia. Tambang miliki orang , laut ini diberikan kepada nelayan,” jelasnya

Sebagai informasi, Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru adalah pasar ikan pertama di Indonesia yang mengusung konsep higienis dan modern one stop shopping aneka produk perikanan. Pasar yang akan dibangun pada seluas lahan 22.444 m milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini ditujukan untuk meningkatkan perekonomian, produktivitas, dan nilai tambah produk perikanan, mengembangkan sentra bisnis kelautan dan perikanan, dan meningkatkan angka konsumsi ikan.

Baca Juga: 7 Kawasan Strategis Nasional Segera Dibentuk di Pulau Terluar, Ini Daftarnya!

Nantinya bangunan akan memiliki tiga lantai dengan pemisahan lapak basah dan kering. Pasar akan terdiri atas 900 lapak basah, 69 kios pasar kering (dry market) maritim, 18 kios pancing, dan 68’kios ikan segar (fresh fish market). Pasar ikan modern merupakan bagian dari rencana penataan Muara Baru menjadi national fishery center. Selain pasar ikan modern, akan dibangun pula rumah sakit, rumah singgah untuk nelayan, tempat pelelangan ikan terintegrasi.

Produk perikanan yang akan dipasarkan pada PIM Muara Baru adalah produk ikan yang high quality, safe, traceable, high value content, dan competitive. Artinya produk perikanan yang akan dijual nantinya sangat beragam dari mulai ikan fresh hingga ikan olahan.

PT PP yang ditunjuk sebagai pemenang tender kontraktor rancang bangun terintegrasi pembangunan PIM, bertanggung jawab melaksanakan pekerjaan pembangunan tersebut dengan masa pelaksanaan 13 Desember-27 Desember 2018. PIM Muara Baru direncanakan akan berisi 900 lapak basah, 69 os pasar kering, 18 kios pancing, dan 68 kios ikan segar.

PIM ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung antara lain chiling room, ice storage, layanan perbankan, klinik kesehatan, wisata kuliner, laboratorium, masjid, pengepakan ikan, gardu PLN, dan instalasi pengelolaan air limbah.

Sumber : okezone.com

About Muhammad Rifki Elzan

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA