Bisnis Pecah Belah Pekanbaru

Bisnis Pecah Belah Pekanbaru
Bisnis Pekanbaru

Bisnis Pecah Belah Pekanbaru – Usaha berjualan alat-alat rumah tangga juga merupakan sebuah peluang. Setiap orang selalu membutuhkan peralatan rumah tanga entah karena sudah rusak, memulai membangun rumah sendiri atau memulai usaha rumah makan. Apa saja yang harus disiapkan untuk membuka toko Peralatan Rumah tangga.
Membuka toko peralatan rumah tangga bisa skala besar atau kecil tergantung modal yang dimiliki. Kalau besar biasanya juga termasuk untuk peralatan depot, catering, restoran. Menjual barang-barang yang sizenya besar seperti lemari makan aluminium, lemari atau rak plastik. Melengkapi dengan menjual alat-alat elektronik menunjang misalnya rice cooker, juicer, blender, mixer, kipas angin, kompor gas, oven, microwave, ketle listrik dan lain lain. Bila skala kecil menjual barang-barang pecah belah yang biasa digunakan sehari-hari seperti piring, mangkok, gelas, cangkir, panci, ember, peralatan dari plastik, melamin dan lain-lain

Lokasi
Lokasi bila anda membuka toko dengan skala besar sebaiknya mencari lokasi di pinggir jalan raya dan agak luas areanya. Karena anda membutuhkan tempat yang luas untuk menempatkan barang-barang anda. Lahan parkir yang memadai untuk keluar masuk barang dan parkir pengunjung.
Bila anda skala kecil atau sedang anda bisa mencari lokasi di dekat pasar, dalam pasar, dalam pertokoan, pusat perbelanjaan.

Survey
Sebelum anda kulakan barang apa saja yang akan anda jual, sebaiknya anda survey dulu lokasi di daerah

tersebut. Apakah di daerah tersebut banyak pedagang makanan, rumah tangga, perkantoran, atau kampus. Kalau dekat kampus pasti dekat kos-kosan. Anda bisa perbanyak menjuat peralatan yang dibutuhkan mahasiswa yang nge-kost. Misalnya lemari plastik, kipas angin, dll. Kalau banyak pedagang makanan menjual peralatan mangkok-piring, gelas, panci dll. Atau kalau disana banyak pedangang kue maka menjual cetakan kue dan peralatannya perlu diperbanyak. Siapa saja kompetitor anda dan produk apa saja yang mereka jual dan tidak mereka jual.

Suplier
Mencari pen-suplay barang ini sangat penting karena akan menentukan harga jual di toko anda. Usahakan anda mencari suplier termurah atau bisa langsung ke pabrik atau pembuat/pengerajin produk-produk rumah tangga. Dengan sistem pembayaran yang bertenggang waktu atau sistem konsinyasi.
Pengaturan Toko
Pengaturan toko ini sangat penting sehingga orang merasa nyaman berbelanja di tempat anda. Kelompokan barang-barang sesuai dengan jenisnya. Misal barang yang terbuat dari kaca seperti piring, gelas, mangkok, sendok garpu, pisau, toples. Barang-barang yang dari melamin, panci-panci dibedakan antara yang stanlees steel, aluminium atau dari enamel. Barang-barang dari plastik bisa diatur sesuai golongannya. Bila barang yang mudah pecah tempatkan di rak yang mudah terjangkau dan tidak terlalu tinggi. Lorong antar rak jangan terlalu sempit sehingga tidak terjadi tabrakan antara pembeli yang sedang melihat barang. Usahakan toko selalu bersih dan barang-barang tidak berdebu, kotor atau karatan. Atur tempat penyimpanan barang dan catat dalam stock.

Pemasaran
Selain penjualan di tempat anda juga bisa melakukan penjualan online, pembelian lewat telpon dan delivery service. Anda bisa membuat brosur dan menawarkan ke restoran-restoran, depot, cafe, perkantoran. Anda juga bisa mengadakan event khusus bulan diskon atau sale. Bila mejelang lebaran atau natal anda bisa membuat paket parcel pecah belah dan sekaligus pengantarannya. Anda bisa menawarkan parcel ini ke perusahaan-perusahaan atau instansi. Anda juga memberikan jasa pengemasan atau pembuatan parcel pecah belah sesuai dengan budget pembeli. Mensuply toples untuk pedagang kue kering.

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status