Selasa, 6 Februari 2018 09:19:42
Dilihat sebanyak 620 kali

Anda Mau Disebut Profesional? Anda Harus Memiliki Sikap Berikut!!

Anda Mau Disebut Profesional? Anda Harus Memiliki Sikap Berikut!!
Bisnis Pekanbaru Tips Bisnis

Bisnis Riau, JAKARTA – Menjalin relasi dengan banyak orang memang akan sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin memiliki banyak teman dalam bekerja. Namun, ada hal yang harus diperhatikan, yaitu tingkat keprofesionalan Anda dalam bekerja dan berhubungan dengan orang-orang yang ada di kantor.

Belajarlah untuk bersikap profesional sedini mungkin. Sebab sifat ini akan memengaruhi performa dalam bekerja. Apa pun pekerjaan Anda dan berapa pun gaji yang didapatkan, wajib hukumnya untuk tetap menjaga sikap profesional dalam bekerja. Untuk mengetahui seberapa pantas Anda disebut profesional, cari tahu apakah sikap ini ada dalam diri atau tidak.

1. Bertanggung Jawab atas Keputusan Apa Pun yang Diambil

Bekerja secara profesional bukanlah hal yang sulit jika Anda mau untuk melakukannya. Ada banyak sekali cara untuk membuat diri sendiri mampu bekerja secara profesional. Misalnya, menanamkan rasa tanggung jawab atas diri Anda sendiri. Belajarlah untuk menyesuaikan segala sesuatu dengan tepat agar Anda mampu bertahan secara profesional dalam kondisi atau situasi yang mendesak.

 

2. Berpandagan Positif terhadap Situasi Apa Pun

Berpandangan positif dalam menghadapi apa pun yang ada di depan Anda. Segala sesuatu pasti dan mungkin akan terjadi pada diri Anda. Baik atau buruknya situasi yang dihadapi tergantung pada cara pandang Anda. Berpikir positif juga bisa mengubah pola hidup Anda untuk selalu memunculkan aura positif dalam diri Anda.

3. Hindari untuk Memandang Apa Pun Sebelah Mata

Hindari untuk memandang apa pun sebelah mata. Bisa jadi dari hal kecil itulah Anda bisa menjadi besar. Anda tidak akan pernah tahu kapan akan dinilai dan dari sisi manakah penilaian itu dilakukan. Karena itu, selalu perhatikan apa pun yang tejadi, baik itu besar maupun kecil.

4. Bangunlah Hubungan Baik dengan Setiap Orang

Setiap hal yang Anda lakukan dalam menjalankan pekerjaan pasti tidak terlepas dari orang-orang di sekitar. Karena itu, ada baiknya Anda pandai dalam menjalin hubungan baik dengan banyak relasi agar nantinya lebih mudah ketika membutuhkan bantuan. Jangan ragu untuk berbuat baik kepada teman sejawat. Bisa jadi mereka akan lebih terbuka dengan Anda dan tentunya dapat membantu.

 

5. Cintai Pekerjaan Anda

Cintailah apa yang sedang Anda kerjakan agar hasil pekerjaan tersebut optimal dan Anda bisa memberikan performa yang hebat dalam menjalankan tugas. Jika Anda merasa malas dan tidak bekerja sesuai dengan jurusan di perkuliahan, hal ini hanya akan membuat Anda merasa bosan, tertekan, dan malas untuk bekerja. Belajarlah untuk mencintai pekerjaan Anda apa pun keadaannya. Selama tidak membahayakan diri, kenapa tidak?

6. Bangunlah Hubungan Baik dengan Rekan Sejawat

Membangun hubungan yang baik dengan rekan sejawat adalah hal yang penting dan wajib Anda lakukan. Banyaknya relasi akan membuat Anda lebih mudah dalam bekerja dan menemukan pekerjaan atau hal baru. Bergabunglah dengan mereka yang berkualitas dan bermanfaat bagi Anda pribadi ataupun pekerjaan.

7. Jangan Takut Mencoba Hal Baru

Jangan pernah takut mencoba hal yang baru dan jangan ragu untuk melakukan pekerjaan baru di luar pekerjaan saat ini. Dengan begitu, tentu otomatis akan membuat Anda memiliki pengalaman yang lebih banyak dan keterampilan baru. Jangan terpaku pada satu titik pekerjaan, cobalah untuk berinovasi dan mencoba hal-hal yang baru.

8. Kegagalan Adalah Tantangan Menuju Kesuksesan

Jika Anda berpikir jika kegagalan adalah akhir dari segalanya, Anda sebaiknya diam saja di rumah dan jangan berpikir untuk bisa sukses. Jadilah orang yang open minded agar lebih mudah dalam mencapai kesuksesan. Ketahuilah jika kegagalan adalah awal dari sebuah kesuksesan seseorang.

Jika Anda gagal satu kali, cobalah lagi. Dan jika gagal kedua kali, cobalah lagi hingga Anda bisa berhasil dan mencapai kesuksesan. Namun, ingatlah jika pengalaman yang membuat Anda gagal adalah guru terbaik untuk mencapai kesuksesan.

Manfaat Profesional dalam Bekerja

Ada banyak sekali manfaat dari sikap profesional yang Anda terapkan dalam bekerja. Misalnya, lebih disiplin dalam bekerja, lebih tepat sasaran, dan lain sebagainya. Namun, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah sebuah image baik dalam kantor tentang diri Anda. Dengan mudah, Anda bisa mendapatkan kenaikan jabatan, bahkan juga bisa mendapatkan promosi dari kantor tempat Anda bekerja.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan dengan merapkan sifat profesional dalam menjalankan pekerjaan. Jangan lupa juga untuk menjalin hubungan yang baik dengan teman kantor, terutama dengan atasan atau bos. Sebab nama baik Anda juga memengaruhi performa Anda di depan bos.

Sumber : okezone.com

About Muhammad Rifki Elzan

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA