UMR Kecil, Jateng Jadi Lokasi Favorit para Pengusaha !!

UMR Kecil, Jateng Jadi Lokasi Favorit para Pengusaha !!
Berita UKM Nasional Dunia Kerja

BISNIS RIAU, Semarang – Wilayah Jawa Tengah menjadi lokasi yang banyak diincar oleh pengusaha karena tak perlu membayar mahal untuk upah pekerja. Banyak pengusaha yang mulai melirik untuk memindahkan investasi ke Jateng dari Jatim maupun DKI Jakarta.

“Jateng itu sekarang jadi favorit pengusaha industri karena mahalnya UMR (upah minimum regional) di Jatim dan DKI Jakarta. Mereka memindahkan industrinya di Jateng seperti Solo dan sebagainya,” kata anggota Komisi VI, Bambang Haryo Soekartono saat kunjungan kerja sekaligus tinjau ke KAI Stasiun Tawang, Semarang.

Dengan banyaknya pengusaha yang memindahkan lahan usahanya ke Jateng, maka perlu disiapkan pembangunan sarana angkutan logistik massal. PT KAI dinilai bisa menjadi pilihan sebagai operator angkutan logistik massal karena memiliki armada yang memadai.

“KAI bisa segera dilakukan, terutama adalah transportasi logistik yang dari Pelabuhan Tanjung Emas menuju semua kawasan industri di Jateng. Kebetulan yang sudah berminat adalah Solo dan Jogja, mereka menginginkan itu (transportasi logistik massal menggunakan PT KAI),” jelasnya.

Sekadar diketahui, PT Pelindo III menggandeng PT KAI akan membuka jalur kereta api di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pelindo III melalui Terminal Petikemas Semarang (TPKS) dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, memiliki potensi untuk menjadi pelabuhan utama.

Akhir-akhir ini perekonomian di Jateng dan DIY terus tumbuh, sehingga secara langsung maupun tidak akan memengaruhi pola arus distribusi barang khususnya di wilayah Pulau Jawa.

Selama ini, pengiriman barang dari dan ke wilayah Jawa Tengah dan DIY masih didominasi melalui Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Priok. Padahal, secara geografis posisi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang adalah pelabuhan yang letaknya sangat strategis.

 

Sumber : okezone.com

About Wina Rahma Fitri

Wina Rahma Fitri "I'm a Programmer, and coding is my life"