UKM Bersaing Di Pasar Global Lewat Rumah Kreatif BUMN

UKM Bersaing Di Pasar Global Lewat Rumah Kreatif BUMN
Berita UKM Nasional

Usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) menjadi salah satu bagian penting bagi perekonomian nasional. Peran UMKM perlu ditingkatkan agar bisa bersaing di pasar global.

Untuk mendorong UMKM, beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membentuk Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Ketua RKB sekaligus Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), Asmawi Syam mengatakan, RKB merupakan wadah bagi komunitas UMKM di Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya. Serta, para UMKM akan dikenalkan di tingkat regional Asia

“Diharapkan para pelaku UMKM di Indonesia ke depan tidak hanya mampu bersaing di tingkat pasar domestik, tetapi juga di pasar global khususnya regional Asia,” ujar Asmawi di Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Asmawi menuturkan, dalam RKB ini, para pelaku UKM dibimbing dan didampingi untuk menjawab tantangan pengembangan UKM terkait peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran, dan kemudahan akses permodalan.

“Di sini pelaku UKM akan didampingi oleh para ahli dalam pengembangan usaha mereka untuk meningkatkan kualitas produknya, standarisasi bahan baku, standarisasi produk, bimbingan pengembangan produk baru, packaging, branding, sampai dengan bimbingan pendanaan,” jelas dia.

Asmawi mengatakan, Askrindo juga akan memberikan pembinaan terkait pengelolaan keuangan terhadap risiko-risiko yang mungkin terjadi dimasa yang akan datang.

“Askrindo juga akan dilibatkan untuk memberikan pembinaan UKM dan melakukan pembinaan terkait risiko-risiko, seperti risiko penjaminan. Selain itu, kita juga akan memberikan asuransi perseorangan kepada para pelaku UKM misalnya untuk keluarganya, baik untuk anak, ibu serta bapak. Nantinya juga kita akan memberikan pembinaan tentang asuransi kecelakaan, kebakaran serta asuransi bencana alam atau gempa bumi,” tandas dia. sumber: Liputan6.com

About Riyondi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA