Trik Jitu Bisnis Kue Lebaran Yang Banyak Diminati Pembisnis Kecil-Kecilan

Trik Jitu Bisnis Kue Lebaran Yang Banyak Diminati Pembisnis Kecil-Kecilan
Berita UKM Nasional Peluang Usaha Tips Bisnis


BisnisRiau – Jelang Lebaran, beberapa bisnis musiman mulai dilirik pebisnis kecil-kecilan. Salah satunya adalah bisnis kue kering yang kerap dilakoni ibu rumah tangga. Banyak faktor menjadikan bisnis musiman ini sasaran empuk mereka, salah satu alasannya adalah penduduk Indonesia yang sebagian besar beragama Islam. Besarnya potensi pasar itu membentuk persaingan sangat ketat.

Praktis, tentu saja, hal tersebut memicu produsen menyajikan produk terbaiknya untuk dipasarkan. Faktor kualitas bahan baku, kemasan dan harga menjadi kekuatan para pebisnis untuk mencapai sukses.

Memang, jika jeli melihat tren pasar, bisnis ini berpotensi mendatangkan omzet besar. Bagi Anda yang berminat mendalami bisnis ini, ada beberapa kiat suksesnya. Simak berikut ini:

Bidik pasar

Sebagai pemula, ada trik khusus untuk membidik pasar. Salah satunya ialah memulai dengan orang-orang dekat di lingkungan Anda.   Sebelum menawarkan produk Anda, berikan sampel untuk dicicipi. Kata orang, lidah tidak pernah bohong. Bila orang terdekat menyukai produk Anda, mereka akan memesan atau mempromosikan dari mulut ke mulut dengan senang hati.

Inovasi produk

Mengejar kesuksesan dan omzet yang besar bukan hanya sebatas pada menjaga kualitas produk dengan memakai bahan baku semata, tapi juga berinovasi pada produk. Kalau biasanya bentuk kue-kue kering lebaran tampak kaku, seperti nastar yang berbentuk bulat atau kastangel berbentuk kotak panjang, mungkin Anda harus keluar dari bentuk-bentuk itu.

Anda bisa mempercantik bentuk kue kering Anda dengan menjajal bentuk-bentuk lainnya. Berkreasi dengan membentuknya seperti bunga atau buah juga dapat dijajal. Selain bentuknya yang lucu, cara ini juga dapat menambahkan nilai jual produk Anda.

Kemasan menarik

Kebiasaan banyak orang saat melihat suatu produk adalah menilai dengan kemasannya. Kemasan yang menarik mata memiliki potensi lebih laku di pasaran.

Maka, jangan biarkan produk Anda dikemas seadanya. Berbagai macam bentuk toples kedap udara yang beredar di pasaran dapat menjadi alternatif. Bila ingin menambah nilai jualnya, pakai toples berkualitas baik seperti berbahan mika. Jangan lupa, tambahkan juga merk dagang Anda untuk memperkuat branding.

Jangan berlaku curang  

Demi omzet besar, banyak orang memangkas pengeluaran bahan baku dengan cara-cara tidak halal. Misalnya, memakai bahan pengawet atau pewarna yang bukan khusus untuk makanan. Cara-cara tersebut tentu tidak baik.

Selain itu, jika ingin bisnis Anda berumur panjang, perlakukan calon konsumen seperti diri Anda. Pakai bahan-bahan terbaik sesuai modal Anda. Untuk pemilihan bahan baku, perhatikan masa kadaluarsa agar kue kering aman dikonsumsi dan cukup tahan lama.

Memasarkan produk

Ada banyak cara untuk memasarkan produk Anda. Tawari calon pembeli dan buktikan bahwa pemesanan dapat dilakukan dengan mudah. Mereka tak perlu merepotkan diri dengan membuang waktu dan tenaga untuk membuat atau mencari kue kering di supermarket dan toko-toko roti.

Selanjutnya, jika merk dagang Anda mulai dikenal, ada baiknya mulai melebarkan sayap dengan menitipkan produk jualan Anda pada agen, supermarket atau toko-toko kue hingga jasa pembuatan parsel.

Jelang lebaran, banyak toko parsel yang membutuhkan stok kue kering dalam jumlah besar. Untuk jasa ini, mungkin Anda harus memberikan imbalan pada mereka.

Cara terakhir, yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Selain dinilai praktis, cara ini tidak membutuhkan biaya yang mahal. Anda dapat membuatkan situs laiknya e-commerce untuk produk kue lebaran Anda. Cara lainnya, ialah dengan beriklan di media sosial.

Ingat, untuk sukses pada pemasaran ini, Anda harus merespon calon pelanggan dengan cepat. Lampirkan foto dengan angle menarik serta deskripsi singkat. Bermodal smartphone, sebenarnya cara ini mudah dilakukan.

Sumber: Kompas.com


Tentang Isti RWD