Inilah 10 Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit

Inilah 10 Cara Bijak Gunakan Kartu Kredit
Berita UKM Nasional Kartu Kredit

BISNIS RIAU – Jika Anda baru pertama kali memiliki kartu kredit, Anda tentu gembira karena bisa menggunakan kartu tersebut untuk memenuhi kebutuhan. Namun, jangan kelewat senang ya. Anda harus bijak dalam menggunakannya selama Anda memiliki kartu kredit tersebut. Mengapa?

Pertama, kartu kredit adalah utang yang wajib kamu lunasi. Kedua, suku bunga kartu kredit relatif tinggi tiap bulannya (2,75 persen-3 persen). Ketiga, kartu kredit bisa mendorongmu kepada gaya hidup konsumtif sehingga berdampak pada ketahanan finansialmu.

Nah, biar nggak terjerumus pada dampak negatif yuk pahami cara menggunakan kartu kredit dengan bijak. Gunakan kredit kredit Anda dengan bijak agar kamu bisa berhemat. Berikut ini sejumlah cara agar kamu bijak menggunakan kartu kredit.

1. Belanja sesuai rencana

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah belanja sesuai rencana dan hindari pemborosan. Biasakan kamu untuk berbelanja sesuai rencana. Di mana pun tempat belanjanya, rencana belanja kamu akan membantu mengendalikan pengeluaranmu.

Sebagai contoh, dari rumah kamu sudah merencanakan akan menggunakan kartu kredit untuk membeli sebuah sepatu olahraga. Saat di toko peralatan kebugaran, fokuskan diri kamu untuk membeli sepatu olahraga saja, tidak membeli barang lainnya dengan kartu kredit.

Memfokuskan diri pada rencana belanja memang tidak mudah. Selalu saja ada godaan yang meningkatkan hasrat membeli. Misalnya, sandal kesehatan yang dipromosikan beli satu dapat gratis satu. Jika terbersit di kepala untuk membeli barang tersebut, kembali ke rencana belanja kamu dan ingatlah bahwa kamu perlu uang untuk keperluan lain.

2. Hindari menarik uang tunai melalui kartu kredit

Salah satu kemudahan kartu kredit adalah bisa digunakan untuk menarik uang tunai dari ATM. Meskipun demikian, kuatkan diri kamu untuk tidak menggunakan kemudahan tersebut. Ini merupakan cara menggunakan kartu kredit dengan bijak juga lho, bro and sis.

Alasannya, penarikan uang tunai dari kartu kredit dikenai bunga 2,25% per bulan. Jika keuangan kamu hanya cukup untuk kebutuhan bulanan, tentu bunga ini akan membebani keuanganmu.

3. Abaikan tawaran merchant

Penerbit kartu kredit umumnya bekerja sama dengan sejumlah merchant. Para merchant ini memiliki sejumlah cara pintar dalam menggaet pemilik kartu kredit untuk berbelanja di tempat mereka.

Sebagai contoh, mereka mengirimkan undangan spesial yang berhadiah barang tertentu. Pemilik kartu kredit harus datang ke tempat merchant untuk mendapatkan barang tersebut.

Jika kamu mendapatkan undangan spesial seperti itu, abaikan saja. Mengapa? Ketika kamu datang ke tempat merchant, kamu akan ditawari beragam produk mereka. Mungkin saja kamu akan membeli satu atau lebih produk mereka karena merasa tidak enak sudah diberi barang gratis.

4. Manfaatkan kartu kredit untuk berhemat

Jika Anda karyawan yang sering bepergian ke luar kota untuk urusan bisnis atau pribadi, Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk berhemat. Betul, ini juga termasuk cara menggunakan kartu kredit dengan bijak kok. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan fasilitas airport lounge reward dari kartu tersebut untuk makan gratis di restoran elit yang ada di bandara tersebut. Sekalipun tidak gratis, Anda bisa mendapatkan harga promo dari restoran tersebut.

Cara ini memang berisiko pada gaya hidup konsumtif. Namun, sedikit lebih baik dan lebih cerdas dibanding Anda makan di restoran elit tanpa fasilitas airport lounge reward.

5. Periksa tagihan dengan cermat

Jika Anda sudah menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, Anda akan mendapatkan tagihan bulanan yang dikirimkan ke rumahmu atau kantor. Periksa tagihan tersebut dengan cermat untuk mengetahui apakah ada transaksi yang tidak Anda lakukan. Jika ada, segera hubungi layanan pelanggan bank penerbit kartu kredit Anda untuk mengadukan masalah Anda.

6. Bayar penuh tagihan

Upayakan membayar penuh tagihan bulanan Anda sebelum jatuh tempo. Ini akan lebih baik daripada mencicilnya. Selain itu, Anda juga bisa mengatur keuangan Anda untuk keperluan lain (misalnya liburan atau biaya pendidikanmu) tanpa pusing harus membayar cicilan bulanan kartu kredit.

7. Simpan kartu kredit jika tidak diperlukan

Kartu kredit sebaiknya digunakan jika diperlukan saja. Oleh karena itu, jika Anda tidak memerlukannya, simpan kartu kredit tersebut di rumahmu. Selain menghindarkan Anda dari belanja tanpa rencana, menyimpan kartu kredit juga menghindarkan Anda dari kehilangan kartu tersebut karena dompet Anda jatuh atau dicopet. Jadi, Anda harus cerdik dan cermat dalam penyimpanan kartu kredit sebagai bentuk cara menggunakan kartu kredit dengan bijak.

8. Batasi kartu kredit maksimal 2 buah

Jika Anda sudah memiliki kartu kredit pertama dengan transaksi dan pembayaran lancar, Anda akan mendapatkan tawaran kartu kredit lagi dari penerbit yang sama atau penerbit kartu kredit lain.

Batasi jumlah kartu kredit Anda maksimal dua. Mengapa? Karena kalau memiliki banyak kartu kredit, Anda akan mengeluarkan uang tambahan untuk membayar iuran tahunan dan biaya-biaya terkait. Jika Anda tertarik dengan tawaran terbaru kartu kredit dari bank lain, sebaiknya Anda tutup salah satu kartu kredit lama yang telah Anda miliki sehingga jumlahnya tetap dua kartu kredit. 

9. Simpan laporan transaksi pemakaian kartu kredit

Anda pasti akan mendapatkan laporan transaksi bulanan kartu kredit. Bagi Anda yang malas mencatat keuangan, tagihan tersebut dapat digunakan sebagai alat kontrol keuanganmu. Meskipun sebenarnya bukan cara yang tepat, tetapi laporan transaksi kartu kredit banyak membantu. Cara tersebut tidak 100% tepat, karena Anda tidak bisa mengontrol keuangan Anda secara real time, karena laporan tagihannya dikirim sebulan sekali.

10. Manfaatkan diskon dan promo

Gunakanlah untuk mendapatkan diskon (potongan harga), promo dan kemudahan tertentu. Jika Anda perhatikan ada banyak sekali diskon dan promo yang ditawarkan. Sebenarnya sah-sah saja menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon atau promo, asalkan Anda membeli barang-barang yang memang Anda butuhkan. Jangan sampai Anda terlena membeli barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan, hanya karena promo. 

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa gunakan situs HaloMoney.co.id untuk membandingkan dan mengajukan kartu kredit, kredit tanpa agunan, dan kredit dengan agunan dari berbagai lembaga keuangan.

 

Sumber : Liputan6.com

About Mayri Hevinka Putri

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA