Cara Jadi Wanita Hemat

Cara Jadi Wanita Hemat
Berita UKM Nasional Liputan Media

BISNISRIAU – Sosok yang paling sering ditemui saat ke pusat perbelanjaan adalah wanita. Wanita sering dianggap tidak bisa hemat atau boros, ketika sudah belanja.

Perencana Keuangan Agustina Fitria punya trik hemat supaya wanita tidak dianggap boros. Pertama, setiap menerima penghasilan bulan baik dari suami atau sendiri, biasakan bayar semua pengeluaran yang menjadi kewajiban. Misalnya, bayar cicilan utang, premi, asuransi, tabungan atau investasi, perpuluhan, sekolah dan lainnya.

“Hal-hal yang bersifat rutin setiap bulan wajib dibereskan di awal bulan saat terima penghasilan,” tuturnya kepada Okezone.

Kedua, supaya wanita bisa belanja diharapkan lebih dulu buat daftar apa saja yang mau dibelanjakan selama satu bulan. Kemudian, hal ketiganya, cek apakah sudah punya barang serupa di rumah atau tidak.

“Setelah itu kelompokan dan urutkan barang-barang tersebut dari yang butuh banget seperti bahan pokok sampai yang hanya ingin” ujarnya.

Kelima, lanjut Agustina, tetapkan berapa budget untuk belanja keperluan Anda dengan secukupnya. Supaya disiplin, bisa menaruhnya dalam satu rekening khusus untuk belanja dengan nominal uang untuk keperluan satu bulan saja.

“Berilah dari urutan teratas. Jika uang sudah habis padahal belum semua terbeli, stop belanja. Tunda hingga bulan berikutnya,” ujarnya.

Sumber : okezone.com

About Wiwit Cahyati

I'm Graphic Designer, Programmer