Cara Budidaya Burung Walet

Cara Budidaya Burung Walet
Berita UKM Nasional Peluang Usaha


BISNISRIAU – Ternak burung walet sudah lama terkenal, sampai-sampai orang menyebutnya sebagai emas putuih yang memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini dikarenakan nilai jualnya yang sangat fantastis. Berikut merupakan uraian cara sukses ternak burung walet;

  1. Mempersiapkan kandang burung walet

Kandang yang dibangun dengan ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut, dan jauh dari jangkauan manusia agar lebih efektif. Burung walet merupakan hewan liar yang mempunyai musuh alamiah, sehingga mereka sangat berhati-hati dalam membuat kandang. Jika daerah  disekitar kandangnya ramai dengan suara kendaraan dan manusia, maka mereka akan takut dan pada akhirnya mencari tempat lain. Buatlah kandang yang aman dan jauh dari serangan predator (pemangsa) lainnya.

  1. Menjaga kualitas kandang agar disukai burung walet

Yang harus anda perhatikan ialah;

  • Suhu dari bangunan haruslah sekitar 24 ~ 25 derajat celsius.
  • Kelembaban udara sekitar 80 – 95 %.
  • Buatlah kolam di dalam kandang tersebut agar walet bisa minum dengan mudah.
  • Harus dilengkapi ventilasi udara diameter 4cm jarak per 5 meter.
  • Suasana kandang harus gelap seperti dalam gua agar walet mau bersarang.
  • Lapisi langit-langit dengan kayu yang bertujuan sebagai tempat walet membuat sarangnya.
  1. Kandang yang cocok untuk burung walet

Pada dasarnya ukuran bangunan untuk sarang burung walet ialah 10×20 meter dan jarak antara lantai dengan plafon harus besar. Jagalah kelembaban dengan penyemprotan air otomatis. Gunakanlah termometer agar kelembaban tetap terjaga. Buatlah lubang keluar masuk dengan ukuran 1×2 meter menghadap kebarat untuk menghindari cahaya matahari.

  1. Pembibitan burung

Untuk bibit anda bisa memilih baik dengan versi otomatis atau ada campur tangan anda secara signifikan. Jika ingin versi otomatis anda harus memancing burung walet dewasa bersarang dibangunan anda. Sedangkan versi pembibitan, maka anda bisa membeli telur yang akan menetas. Untuk penetasan anda bisa menggunakan mesin tetas.

  1. Perawatan dan panen sarang burung walet

Untuk perawatan tidak begitu sulit, anda hanya perlu menjaga agar kendang tetap lembab, suhu terjaga, terhindar dari predator seperti tikus, semut api dan tokek.

Jenis panen burung walet;

  • Panen rampas. Merupakan pemanenan sebelum burung hendak menetas.
  • Panen buang telur. Setelah burung bertelur, dan belum mengeram, maka anda bisa mengambil sarangnya dan telur digunakan untuk pembibitan.
  • Panen setelah pertumbuhan. Anak yang ada pada sarang telah besar, bisa mencari makan sendiridan barulah sarang diambil.

Sumber: areablogger.com


Tentang Wiwit Cahyati

I'm Graphic Designer, Programmer