Jumat, 24 Januari 2020 10:42:10
Dilihat sebanyak 803 kali

Usaha Bengkel Sepeda Motor

Usaha Bengkel Sepeda Motor
Advertising

Laju pertumbuhan sepeda motor di Indonesia adalah tertinggi dibandingkan Negara-negara Asean lainnya. Usaha Bengkel Sepeda Motor sangat terbuka lebar kalau anda berencana untuk memulainya karena pengguna kendaraan ini semakin hari semakin naik. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha bengkel sepeda motor.

Karena banyaknya pengguna sepeda motor, menjadi ide terbaik bagi Anda yang ingin membuka usaha yaitu usaha bengkel sepeda motor, karena setiap orang yang memiliki kendaraan sepeda motor pasti suatu saat kendaraan tersebut mengalami kerusakan ringan maupun kerusakan berat.

Ada beberapa tips atau hal-hal yang perlu Anda pahami sebelum membuka Usaha Bengkel Sepeda Motor, antara lain:

1. Lokasi yang strategis
Lokasi adalah salah satu penentu lancar tidaknya usaha bengkel sepeda motor, untuk itu usahakan cari lokasi yang bagus dengan catatan bisa dengan mudah di jangkau oleh masyarakat atau konsumen dan masyarakat di daerah tersebut banyak memiliki kendaraan sepeda motor.

2. Market/Calon pelanggan
Usaha Bengkel sepeda motor ada tiga jenis untuk mengetahui market/calon pelanggan yaitu usaha bengkel sepeda motor resmi, usaha bengkel sepeda motor umum dan usaha bengkel sepeda motor tune up.

  • Usaha bengkel sepeda motor resmi. Usaha bengkel sepeda motor resmi, keterangan lebih lanjut dapat menghubungi kantor service center merek yang diinginkan seperti Dealer Honda, Dealer Yamaha, Dealer Suzuki dan Dealer Kawasaki ini bisanya kita akan diminta syarat-syarat tertentu tergantung perusahaan.
  • Usaha bengkel sepeda motor umum. Usaha bengkel sepeda motor umum adalah usaha bengkel sepeda motor yang terkhusus pada pengguna motor biasa, yang pada umumnya penyedia pelayanannya adalah service standar, penggantian sparepart dan perbaikan kecil.
  • Usaha bengkel sepeda motor tune up. Usaha bengkel sepeda motor tune up adalah usaha bengkel sepeda motor yang khusus untuk memodifikasi motor menjadi tidak standar, biasanya ini tergantung permintaan pelanggan untuk merubah kecepatan/akselerasi motor, memiliki sasaran market yang lebih sempit, untuk market ini biasanya posisi atau tempat lokasi tidak berpengaruh atau strategis, karena pelanggan pada usaha bengkel sepeda motor Tune up ini biasanya didapat dari promosi mulut ke mulut.

 

3. Kompetitor/Persaingan
Hal yang perlu di perhatikan jika memulai usaha bengkel sepeda motor adalah tentang berapa banyak pesaing yang telah membuka usaha bengkel sepeda motor di daerah lokasi tersebut itulah yang disebut kompetitor atau dengan kata lain usaha bengkel sepeda motor yang sudah ada di sekitar lokasi rencana investor membuka bengkel harus di selidiki. Jadi sebagai investor harus mempunyai visi dan misi untuk berebut pelanggan dengan kompetitor pada saat menjalankan usaha bengkel sepeda motor tersebut.

4. SDM (Teknisi)
Seandainya sudah kita perhatikan hal-hal yang saya sebutkan tentang tips usaha bengkel sepeda motor di poin pertama berikutnya adalah sobat harus harus menentukan teknisi, dalam hal ini Anda harus menjaga kualitas teknisi bengkel Anda, karena pada usaha bengkel sepeda motor salah satu yang dapat menentukan masa depan usaha bengkel sepeda motor kita adalah teknisi.

5. Manajemen Bengkel
dalam pengertian yang luas adalah menentukan pelayanan dan kenyamanan pelanggan, kerapian bengkel, administrasi usaha bengkel sepeda motor, dan sebagainya. Hal ini perlu dipersiapkan, terutama untuk administrasi keuangan bengkel, yaitu tentang menentukan biaya jasa yang akan dikenakan untuk pelanggan, perkiraan target pemasukan, sistem gaji, dan sebagainya. Sehingga anggaran dan target investasi / waktu modal kembali dapat diperhitungkan secara keseluruhan pada usaha bengkel sepeda motor yang sedang kita jalankan.

6. Peralatan dan Perlengkapan kerja
Tahap ini yang paling sering dibicarakan dan dipertanyakan. Mengingat saat ini banyak sekali pilihan jenis, merk dan kualitas peralatan usaha bengkel sepeda motor, untuk itu disarankan bagi investor pemula yang akan terjun pada Usaha Bengkel Sepeda Motor untuk memilih peralatan basic/standar terlebih dahulu.

 

sumber : klikteknik.com

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU